Wajib Dicoba, Ini Dia Cara Mudah Mengusir Semut Di Rumah

Wajib Dicoba, Ini Dia Cara Mudah Mengusir Semut Di Rumah
Semut | Foto : Ubidate

Ubidate.com - Indonesia sedang mengalami musim kemarau panjang yang berdampak pada peningkatan suhu permukaan bumi. Akibatnya suhu terasa sangat panas dan menimbulkan sederet masalah lain, seperti kekeringan dan polusi. Selain masalah tersebut, ada satu fenomena yang juga terjadi akibat meningkatnya suhu di dalam tanah. 

Disadari atau tidak, semut berpindah-pindah mencari tempat yang lebih sejuk. Anda mungkin sudah mengetahui bahwa semut membangun rumah bagi koloninya di dalam tanah. Namun cuaca yang panas membuat mereka harus mencari shelter baru yang bisa dijadikan tempat tinggal. Semut akan mencari tempat lain, salah satunya adalah masuk ke dalam rumah. 

Meski berukuran kecil, semut ini dapat membuat lubang pada dinding dan ubin untuk membuat rumah baru untuk berkembang biak. Apalagi jika rumah yang menjadi tempat tinggal baru para semut tersebut memiliki banyak makanan. Dapat dipastikan koloni semut akan betah dan berkeliling mencari makan, baik dari sisa makanan atau sumber lainnya.

Sebagai penghuni rumah tentunya Anda akan merasa terganggu dengan kehadiran semut tersebut. Secara umum, selain dapat merusak bangunan rumah, semut ini juga mampu menyebabkan kerusakan pada kemasan makanan yang berlubang. Nah disini kami akan membahas mengenai Cara Mudah Mengusir Semut di rumah. 

Cara Mengusir Semut Dengan Mudah


Jaga Kebersihan


Semut mempunyai indera penciuman yang tajam. Meski makanan masih dalam kemasan, mereka bisa melubangi dan mengambil makanan tersebut. Apalagi jika makanan diletakkan sembarangan atau berserakan pasti akan mudah menarik perhatian semut.

Untuk itu hal pertama yang harus dilakukan adalah menyimpan makanan dengan baik dan segera membersihkan lantai atau meja jika ada makanan yang tumpah. Bersihkan meja makan dan tempat penyimpanan makanan secara rutin.

Campur Cuka Dengan Air


Cuka mengandung asam asetat yang dapat mengganggu indera penciuman semut. Campurkan cuka dengan sedikit air dalam botol semprot agar lebih mudah digunakan. Selanjutnya semprotkan pada jalur atau area yang sering dilewati semut. Meski bahannya sederhana, campuran cuka dan semut sangat ampuh mengusir semut masuk ke dalam rumah.

Serbuk Kapur


Kapur mengandung kalsium karbonat yang dapat merusak kerangka atau lapisan luar tubuh semut. Jika terkena pasti semut tidak akan bisa melarikan diri dan akan mati. Anda bisa langsung membuat garis kapur pada jejak semut atau tempat yang sering dilewati. Anda juga bisa menghancurkannya menjadi bubuk terlebih dahulu dan menaburkannya pada sarang semut.

Tanaman Kemangi


Kemangi mempunyai aroma yang khas dan menyengat. Kedua hal ini sangat tidak disukai oleh nyamuk. Alasannya karena dapat mengganggu sistem komunikasi dan navigasi semut dengan rekannya. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba menanam kemangi di sekitar area dapur yang sering dijelajahi semut. Anda juga bisa menebarkan beberapa lembar daun kemangi pada jalan yang sering dilalui semut agar tidak masuk.

Minyak Kayu Putih


Anda mungkin mengenal minyak kayu putih sebagai obat saat Anda merasa tidak enak badan. Ternyata, minyak kayu putih juga ampuh mengusir semut. Tuangkan sedikit saja di jalan setapak atau ke dalam sarang semut, setelah beberapa menit akan langsung berkabut. Anda juga bisa mengoleskan minyak kayu putih pada kaki meja atau kursi agar semut tidak bisa mendekati makanan yang ada di meja.

Tutup Jalur Keluar Masuk Semut


Semut dapat membuat jalur masuk dan keluar dari lantai atau rangka dinding. Cobalah memblokir aksesnya, seperti menggunakan semen atau lem kayu. Jika jalur masuk dan keluar ditutup, semut tidak akan mudah masuk ke dalam area rumah. Perhatikan semut yang membuat jalur baru. Anda bisa mengatasinya dengan cara-cara yang telah dijelaskan sebelumnya.

Gunakan Bubuk Kopi


Sama seperti cabai dan kemangi, kopi juga memiliki aroma yang khas dan tajam. Taburkan kopi di area yang sering dilalui atau sarang semut agar tidak bisa masuk ke dalam rumah. Meski memerlukan jumlah kopi yang banyak dan waktu yang lama, namun efektivitasnya cukup besar. Jangan lupa mencobanya ya.

Baking Soda


Semut memiliki sejenis pelindung tubuh yang terbuat dari senyawa kimia alami. Nah, baking soda bisa mengganggu keseimbangan kimia semut sehingga enggan masuk ke area rumah. Sebarkan baking soda di tempat yang sering dilalui semut. Tunggu sekitar 5 menit dan Anda akan melihat semut tidak mau melewati soda kue.

Racun Semut


Jika cara alami tidak berhasil, Anda bisa langsung menggunakan racun semut yang banyak dijual di pasaran. Racun semut berbentuk bubuk dan cair yang bisa disemprotkan langsung. Berhati-hatilah saat menggunakan racun semut karena bisa berbahaya jika mengenai mata Anda. Bacalah petunjuk penggunaan racun semut dengan cermat agar lebih efektif.

Terlepas dari perannya dalam ekosistem, semut dapat mengganggu kehidupan manusia jika mulai menimbulkan kerusakan. Untuk itu, Anda bisa segera melakukan tindakan pencegahan agar semut tidak bisa masuk ke dalam rumah. Hal terpenting yang harus dilakukan untuk mencegah semut masuk ke rumah Anda adalah dengan menjaga kebersihan. Jika semut sudah terlanjur membuat sarang di area rumah, Anda bisa menggunakan cara-cara di atas.

Demikian ulasan artikel yang kami buat tentang Wajib Dicoba, Ini Dia Cara Mudah Mengusir Semut Di Rumah seperti yang dilansir Macaubet. Semoga bermanfaat.