Cara Memilih Cat Luar Rumah yang Menambah Keindahan dan Kesan Elegan

Cara Memilih Cat Luar Rumah yang Menambah Keindahan dan Kesan Elegan
Design Rumah Elegan | Foto : Berbagai Sumber 

Ubidate.com - Untuk meningkatkan estetika dan daya tarik hunian Anda, perpaduan warna yang serasi sangatlah penting. Oleh karena itu, penting untuk memilih warna cat rumah yang sesuai, baik untuk bagian dalam maupun luar rumah, guna menciptakan tampilan yang lebih menarik dan indah.

Estetika dan daya tarik rumah, terutama yang terletak di tepi jalan, sangat dipengaruhi oleh warna eksterior rumah. Warna cat pada dinding luar rumah memiliki peran penting dalam menciptakan keindahan dan kesan yang baik pada rumah tersebut.

Namun, memilih warna cat untuk dinding rumah bisa menjadi tantangan tersendiri, terutama jika ingin mempertimbangkan skema warna yang telah digunakan oleh rumah-rumah tetangga. Maka, tidaklah mudah untuk memilih warna cat yang khusus dan berbeda dari yang lain.

 Sebelum memutuskan warna cat untuk dinding luar rumah, penting untuk mempertimbangkan dengan matang agar warnanya dapat menciptakan keserasian dan keindahan yang diinginkan.

Dinding eksterior rumah sering kali terkena dampak langsung dari cuaca, seperti hujan, angin, dan terik matahari yang berlebihan.

Akibatnya, jika Anda salah memilih cat untuk dinding eksterior rumah, cat tersebut lebih rentan terkelupas, terkena noda, bahkan berpotensi untuk tumbuh jamur.

Berikut dibawah ini adalah beberapa tips dalam memilih cat dinding eksterior yang tepat untuk rumah Anda:

1. Temukan inspirasi

Jika Anda belum memiliki ide tentang warna cat dinding yang tepat untuk bagian luar rumah Anda, maka Anda mungkin perlu mencari inspirasi terlebih dahulu.

Anda dapat mencari inspirasi dari berbagai sumber, seperti mengunjungi berbagai lokasi, membaca majalah perumahan, melihat foto cat tembok di mesin pencari Google, melalui media sosial, atau bahkan browsing katalog cat rumah.

Dengan metode ini, Anda akan memperoleh lebih banyak inspirasi untuk lukisan dinding yang sebelumnya belum pernah Anda jumpai.

Setelahnya, kenalilah inspirasi yang paling Anda sukai dan padukan dengan gaya yang unik atau sesuai dengan keinginan Anda.

2. Gaya Arsitektur rumah

Gaya arsitektur sebuah rumah dapat memberikan karakter pada bangunan apartemen di mana Anda tinggal. Untuk memberikan kesan yang lebih elegan, pilihlah warna cat yang dapat menonjolkan gaya rumah Anda.

Terdapat skema warna khusus untuk rumah dengan gaya Art Deco dan modern. Apabila rumah Anda lebih tua, disarankan untuk mengunjungi produsen cat dan menanyakan warna apa yang tepat digunakan.

Terdapat skema warna khusus untuk rumah bergaya Art Deco dan hunian modern. Jika rumah Anda termasuk yang lebih klasik, kunjungi produsen cat untuk mengetahui warna yang sesuai untuk digunakan.

Apabila tidak diatur lain dalam peraturan lingkungan, Anda tidak diwajibkan memilih warna yang sama antara cat dinding eksterior dan interior.

Penting untuk dihindari kesalahan umum seperti memilih terlalu banyak warna kontras apabila Anda ingin menciptakan efek yang lebih menyenangkan.

3. Pilihlah cat yang tahan terhadap berbagai kondisi cuaca

Disarankan untuk memilih warna cat yang berkualitas baik dan tahan terhadap kondisi cuaca ekstrem seperti hujan, angin, dan sinar matahari ketika akan mengaplikasikan cat pada dinding eksterior rumah.

Terdapat beragam pilihan cat tembok eksterior yang mampu memberikan perlindungan pada dinding rumah dari kondisi cuaca yang ekstrem.

Dalam memilih merk cat tembok eksterior yang berkualitas dan terpercaya, meskipun harganya lebih mahal, namun mampu bertahan dalam jangka waktu bertahun-tahun.

Disarankan juga untuk menggunakan cat tembok eksterior yang memberikan perlindungan terhadap sinar UV pada dinding, sehingga warna cat dapat bertahan lebih lama dan tidak cepat pudar.

4. Pilihlah cat yang memudahkan perawatan dinding.

Dikarenakan posisinya yang berada di luar, dinding luar rumah rentan terhadap polusi dan sering terkena debu. 

Oleh karena itu, disarankan untuk memilih cat fasad yang mengandung formula khusus dengan lapisan elastis, sehingga dapat menutupi retakan mikro dengan sempurna.

Formula khusus pada cat tersebut bertujuan untuk mencegah noda, jamur, dan lumut menempel pada permukaan dinding dan memudahkan proses pembersihan. Hal ini memastikan bahwa keindahan dan kebersihan permukaan luar dinding tetap terjaga.

5. Pilih warna cat yang cerah.

Warna cat rumah yang baik dapat terdiri dari campuran warna cerah untuk dinding eksterior rumah Anda. Hal ini dapat memberikan kesan yang menyenangkan serta menciptakan tampilan yang segar dan elegan pada rumah Anda.

Tidak hanya memberikan pengalaman yang menyenangkan, penggunaan warna cat rumah yang baik dan cerah juga dapat memberikan kesan segar dan elegan pada rumah Anda.

Oleh karena itu, jangan ragu untuk berkreasi dan menampilkan kesan segar dengan menggunakan warna-warna cerah, terutama jika Anda pandai dalam memadupadankan warna-warna tersebut.

Anda dapat memanfaatkan ribuan inspirasi warna dari berbagai sumber atau jejaring sosial yang menyediakan konten tentang kombinasi warna dinding luar ruangan. Hal ini dapat membantu Anda dalam menemukan ide-ide baru dan menghasilkan kombinasi warna yang cocok untuk dinding eksterior rumah Anda.

6. Pilih warna yang tepat.

Memilih lapisan cat yang tepat hampir sama sulitnya dengan memilih warna cat, karena jenis finishing yang digunakan dapat menentukan tampilan akhir dari warna yang diaplikasikan pada dinding eksterior rumah.

Jika Anda memilih warna cat yang bagus tetapi memiliki finishing yang buruk, pembeli rumah dapat melihat adanya kekurangan pada tampilan keseluruhan dinding eksterior rumah.

Saat memilih cat tembok untuk penggunaan di luar ruangan, perlu diingat aturan praktis bahwa semakin tinggi tingkat kilauannya, semakin baik kualitas kilauannya, dan semakin lama warnanya akan bertahan.

Pewarnaan untuk dinding eksterior dapat dibagi menjadi lima jenis berdasarkan tingkat kilauannya, yaitu matte, kulit telur, satin, semi-gloss, dan glossy.

Nah, Itulah  beberapa tips untuk memilih cat yang tepat untuk fasad rumah Anda. Memilih warna cat rumah yang bagus untuk bagian luar rumah bukanlah tugas yang mudah. Selain membutuhkan pengetahuan tentang arsitektur, Anda juga perlu sensitif dalam memilih warna yang tepat.