Panduan Cara Instal Ulang Sistem Operasi Windows 10

Panduan Cara Instal Ulang Sistem Operasi Windows 10
Instal Windows 10 | Foto : Berbagai Sumber 

Ubidate.com - Apabila kalian mengoperasikan sistem operasi Windows 10 pada komputer maupun laptop, mungkin terdapat situasi di mana melakukan instalasi ulang menjadi suatu keharusan. Berbagai sebab dapat melandasi keputusan seseorang untuk melakukan instalasi ulang, antara lain karena kerusakan sistem, infeksi virus atau malware, ataupun semata-mata untuk menghapus semua file dan memulai dari awal. Dalam artikel ini, kami akan memaparkan panduan langkah demi langkah terkait proses instalasi ulang Windows 10 pada komputer Anda.

Persiapan Sebelum Melakukan Instalasi

Sebelum melakukan proses instalasi ulang Windows 10, sebaiknya mempersiapkan beberapa hal terlebih dahulu:

1. Backup Data Penting

Melakukan instalasi ulang Windows 10 akan menghapus semua data dan file yang terdapat pada perangkat komputer Anda. Oleh karena itu, disarankan untuk mem-backup seluruh data penting Anda, seperti dokumen, gambar, video, dan berkas lainnya sebelum memulai proses instalasi. Backup dapat dilakukan dengan menggunakan media penyimpanan eksternal atau layanan cloud storage.

2. Menyiapkan Media Instalasi

Diperlukan media instalasi Windows 10 guna melakukan prosedur instalasi ulang. Media instalasi yang bisa digunakan antara lain USB flash drive atau DVD kosong. Pastikan bahwa media instalasi yang dipilih kompatibel dengan komputer atau laptop Anda.

3. Mengumpulkan Nomor Seri Produk

Nomor seri produk Windows 10 Anda diperlukan dalam prosedur instalasi ulang. Nomor seri produk dapat ditemukan pada label yang terpasang pada casing komputer atau laptop, atau pada kemasan produk Windows 10.

Melakukan Proses Instalasi

Setelah semua persiapan telah dilaksanakan, langkah selanjutnya adalah memulai prosedur instalasi ulang Windows 10.

1. Masukkan Media Instalasi

Setelah media instalasi Windows 10 dipersiapkan, masukkan USB flash drive atau DVD kosong ke dalam komputer atau laptop Anda. Pastikan bahwa urutan boot pada BIOS telah diatur agar perangkat dapat booting melalui media instalasi yang telah dimasukkan.

2. Restart Komputer

Setelah media instalasi telah dimasukkan, restart komputer atau laptop Anda. Ketika logo produsen komputer muncul, tekan tombol yang ditunjukkan pada layar untuk mengakses menu boot. Biasanya, tombol yang digunakan adalah F12 atau Esc.

3. Memilih Bahasa dan Menyesuaikan Zona Waktu

Setelah berhasil mengakses menu boot, pilih bahasa yang diinginkan dan sesuaikan zona waktu. Klik tombol "Next" untuk melanjutkan.

4. Memasukkan Nomor Seri Produk

Selanjutnya, masukkan nomor seri produk Windows 10 Anda. Klik tombol "Next" untuk melanjutkan.

5. Memilih Jenis Instalasi

Pilih jenis instalasi yang diinginkan. "Upgrade" dapat dipilih untuk memperbarui Windows 10 tanpa menghapus data, atau pilih "Custom" untuk melakukan instalasi bersih dan menghapus semua data. Pilih "Custom" untuk melakukan prosedur instalasi ulang Windows 10.

6. Menghapus Partisi dan Melakukan Instalasi Windows 10

Pada layar berikutnya, Anda akan melihat daftar partisi pada hard drive Anda. Hapus semua partisi yang ada dengan mengklik tombol "Delete". Setelah menghapus partisi, klik tombol "New" untuk membuat partisi baru. Anda dapat memilih ukuran partisi sesuai dengan keinginan Anda.

Melanjutkan Proses Instalasi

7. Memilih Partisi dan Memulai Proses Instalasi

Setelah membuat partisi baru, pilih partisi yang baru saja dibuat dan klik tombol "Next" untuk memulai proses instalasi Windows 10. Proses instalasi ini akan memakan waktu beberapa menit hingga semuanya selesai.

8. Konfigurasi Sistem

Setelah proses instalasi selesai, komputer atau laptop Anda akan di-restart. Pada layar konfigurasi sistem, Anda akan diminta untuk mengatur akun pengguna dan kata sandi. Setelah mengatur akun pengguna dan kata sandi, Anda akan diminta untuk mengatur preferensi lainnya, seperti pengaturan privasi dan akun Microsoft.

9. Menginstal Driver Perangkat

Setelah selesai mengatur sistem, dibutuhkan penginstalan driver perangkat agar perangkat keras pada komputer atau laptop dapat berfungsi dengan baik. Anda dapat mencari driver perangkat pada situs web produsen komputer atau laptop yang Anda gunakan.

Kesimpulan

Mempersiapkan penginstalan ulang Windows 10 dapat mempermudah prosesnya. Penting untuk mencadangkan data penting, menyiapkan media instalasi yang sesuai, dan menyiapkan kunci produk. Ikuti panduan langkah demi langkah ini untuk memastikan penginstalan ulang Windows 10 yang sukses dan lancar.