Cara Menyimpan Tempe yang Baik Agar Tidak Mudah Basi

Cara Menyimpan Tempe yang Baik Agar Tidak Mudah Basi
Menyimpan Tempe | Foto : Ubidate.com

Ubidate.com - Tempe kedelai ini bukan cuma populer karena rasanya, namun kandungan gizinya benar-benar fntastis sehingga tempe menjadi salah satu pangan fungsional global.

Cara Menyimpan Tempe yang Baik

Tempe juga termasuk makanan fermentasi. Oleh karena itu, tempe tidak dapat disimpan lama. Jika tidak segera diolah, tempe akan berlendir sehingga tidak aman dikonsumsi. Lalu gimana sih cara untuk menyimpan tempe supaya tetap awet tidak mudah basi.

Beberapa orang mungkin mengeluhkan umur simpan tempe yang relatif singkat, oleh karena itu tidak ada salahnya untuk mengetahui beberapa Cara Menyimpan Tempe. Berikut cara menyimpan tempe yang baik agar tidak mudah basi.

Jangan Biarkan Tempe Masuk Air

Cara menyimpan tempe yang pertama agar awet adalah dengan memastikan tempe tidak terkena air. Tempe bisa disimpan menggunakan wadah yang kering. Jika tempe terkena air akan mempercepat proses pembusukan.

Taburkan Garam

Menyimpan tempe yang kedua supaya tempe awet dan tidak mudah basi yaitu menaburinya dengan garam. Di wadah ini, Anda bisa menambahkan sedikit garam di sekitar tempe. Garam berfungsi menghambat ragi yang bekerja sebagai proses fermentasi pada tempe.

Jangan Potong Tempe

Cara menyimpan tempe yang ketiga agar awet adalah dengan tidak memotong tempe. Simpan tempe dalam wadah tertutup dalam keadaan utuh. Tempe yang dipotong-potong akan membuat permukaan tempe menjadi lebih berkerut.

Simpan Dalam Plastik

Cara menyimpan tempe supaya tidak basi dan awet yaitu dengan menyimpan tempe di plastik kedap udara. Setelah itu, tutup plastik dengan rapat. Cara ini akan membuat tempe lebih awet dan tahan lama.

Simpan Di Kulkas

Cara untuk menyimpan tempe selanjutnya supaya tidak mudah basi dengan menyimpannya di dalam kulkas. Suhu dingin di dalam kulkas akan menghambat proses fermentasi jamur pada tempe, sehingga tempe tidak mudah busuk.

Pilih Tempe yang Baik

Pilihlah tempe berserat putih, jangan pilih tempe berserat putih yang sudah berubah warna. Tempe segar biasanya memiliki serat yang bersih dan merupakan tanda sudah matang dan segar.

Manfaat Tempe untuk Kesehatan

Melihat banyaknya kandungan gizi dan vitamin pada tempe, tidak heran jika makanan ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat tempe untuk kesehatan adalah sebagai berikut:

Memperbaiki Sel Yang Rusak

Tempe merupakan sumber protein yang baik untuk tubuh. Fungsi protein yang ada pada tempe untuk membangun dan juga memperbaiki jaringan yang ada disel tubuh. Protein ini termasuk dalam kelompok protein yang larut dalam air dan dapat mengaktifkan enzim proteolitik.

Enzim ini berperan dalam memutus rantai protein sehingga lebih mudah dicerna oleh tubuh. Selain itu, enzim proteolitik juga berperan dalam membantu pembelahan sel, pembekuan darah, meningkatkan kekebalan tubuh, dan fungsi penting lainnya.

Mencegah osteoporosis

Berkurangnya kepadatan tulang atau Osteoporosis yang bisa menjadi masalah tersendiri. Karena jika dibiarkan, tulang bisa menjadi keropos. Kandungan potasium dan fosfor yang ada pada tempe untuk mencegah masalah kesehatan tersebut.

Mencegah Kekurangan Darah

Manfaat tempe selanjutnya juga bisa menjadi pencegah anemia. Tempe dapat menjadi sebuah pilihan makanan penambah darah karena mempunyai kandungan vitamin B12. Kandungan yang ada pada tempe itu diyakini bisa meningkatkan produksi sel darah merah.

Menurunkan Berat Badan

Tempe dapat menjadi sebuah menu diet yang sehat dan juga mengenyangkan. Kandungan protein yang tinggi membuat tempe mampu menurunkan berat badan. Bahkan sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa diet tinggi protein ini bisa memicu thermogenesis yang membantu tubuh membakar kalori.

Mencegah Diabetes

Manfaat lain dari tempe adalah bisa menjadi menu sehat untuk mencegah diabetes. Hal ini karena tempe mengandung isoflavon dan serat yang dapat menjaga kestabilan gula darah. Tempe juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan resistensi insulin tubuh.

Melawan Radikal Bebas

Produk kedelai ini diketahui mengandung antioksidan yang tinggi. Senyawa aktif yang ada pada tempe  yang berperan penting dalam melawan radikal bebas. Sehingga beberapa gangguan kesehatan seperti kanker, dapat dicegah.

Demikian penjelasan dari saya tentang Cara Menyimpan Tempe yang Baik Agar Tidak Mudah Basi semoga bermanfaat, terimakasih.