Motor Anda Lagi Brebet? Begini Cara Mengatasinya

Motor Anda Lagi Brebet? Begini Cara Mengatasinya
Ilustrasi Motor Brebet | Foto : Ubidate.com


Ubidate.com - Mengendarai sepeda motor dengan nyaman adalah keinginan setiap orang. Namun seringkali motor mengalami masalah seperti berderak saat digas pada RPM tinggi atau RPM rendah. Kasus ini menandakan ada yang tidak beres pada sistem pembakaran mesin. Memang Kerusakan pada motor sering terjadi, apalagi jika sering digunakan. 

Namun, ini bukan alasan untuk membiarkan motor mogok terus menerus tanpa memperbaikinya. Pada artikel kali ini kami akan berbagi informasi seputar Motor Brebet, penyebab, dan cara mengatasinya. Jadi Anda tidak akan lagi terganggu setiap kali motor digas.

Apa Itu Motor Brebet?


Motor brebet adalah kondisi yang terjadi saat motor berjalan dalam keadaan gagap saat pengguna memutar gas lebih dalam. Dalam keadaan yang lebih parah, mesin sepeda motor malah mati. Pada dasarnya hampir semua pengemudi pernah mengalami berbagai masalah pada kendaraannya.

Cara Mengatasi Motor Brebet


Berikut ini ada 6  Cara Mengatasi Motor brebet, antara lain:

Bahan Bakar Tidak Kompatibel


Penyebab utama motor berderak atau gagap adalah penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh pabrikan. Biasanya setiap pabrikan telah menetapkan standar khusus yang disesuaikan dengan mekanisme mesin agar performa sepeda motor bisa lebih optimal. Untuk mengetahuinya, Anda bisa melihat manual yang disertakan saat membeli motor baru. 

Seringkali para pengguna sepeda motor tidak memperhatikan jenis bahan bakar yang direkomendasikan oleh pabrikan, sehingga dapat mengakibatkan masalah sepeda motor seperti motor mogok saat dikendarai. Maka solusinya gunakan bahan bakar sesuai anjuran pabrikan.

Air Masuk Ke Tangki


Faktor yang menyebabkan motor brebet dan menghambat proses penghidupannya adalah terjadinya perembesan air ke dalam tangki bahan bakar. Kehadiran air tersebut dapat mengganggu pembakaran dengan mengurangi jumlah bahan bakar yang mencapai ruang bakar. Air bisa masuk ke tangki bahan bakar biasanya karena cara mencuci motor yang salah, saat hujan atau beli bensin eceran. 

Satu-satunya tindakan yang dapat diambil adalah melakukan proses pengosongan tangki bahan bakar dan menggantinya dengan yang baru. Selain itu, disarankan untuk mengganti filter bahan bakar yang terkontaminasi air. Selama proses pengosongan, perlu dilakukan pembersihan sisa kotoran yang terendap di dalam tangki bahan bakar.

Saringan Udara Kotor Atau Tidak Berfungsi


Filter udara juga dapat menyebabkan motor mogok. Hal ini dikarenakan filter udara bertugas untuk menyaring udara yang masuk ke dalam ruang bahan bakar agar tidak tercampur partikel kotoran dan debu, sehingga membuat pembakaran mesin menjadi lebih sempurna. Sehingga jika filter udara rusak atau kotor, maka tarikan gas menjadi lebih berat dan bisa mengakibatkan motor menjadi kaku.

Solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan melakukan perawatan filter udara secara rutin, harus rajin membersihkannya agar sistem pembakaran tetap sempurna dan menjaga kecepatan motor tetap nyaman. Jika filter udara benar-benar kotor maka jangan ragu untuk menggantinya bila filter udara setiap 16.000 km harus diganti. 

Pengaturan Katup Yang Tidak Tepat


Jika setelah klep terlalu kencang atau terlalu kendor akan mempengaruhi jumlah gas yang masuk ke ruang bakar mesin. Hal ini mengakibatkan percampuran bahan bakar, udara dan pengapian tidak sempurna yang jika dibiarkan akan membuat motor habis. Karena teknisi akan mereset klep agar performa motor kembali normal. Namun jika jarang diservis, maka penyebab motor mogok bisa jadi karena masalah klep ini.

Kerusakan Busi


Busi dapat menjadi penyebab motor berhenti bekerja saat mencapai putaran mesin yang tinggi karena ketidakmampuannya untuk menghasilkan percikan api yang diperlukan untuk proses pembakaran dalam mesin. Kondisi busi yang kotor atau mulai melar akan menjadi penyebab berderak saat motor digas. Solusinya lakukan pengecekan atau pembersihan secara rutin dan sebaiknya jika busi sudah menempuh jarak 8000 km sebaiknya diganti karena jika tidak diganti maka busi akan mulai melemah sehingga dapat menyebabkan motor anda mogok.

Fuel Pump Kotor 


Fuel Pump berguna untuk memompa bahan bakar ke dalam ruang bakar mesin. Jika filter bahan bakar kotor dapat menyebabkan tekanan bensin terlalu tinggi atau terlalu rendah yang otomatis menyebabkan motor mogok. Untuk mengatasi masalah tersebut, disarankan untuk memeriksa kondisi fuel pump dan fuel filter. Jika ditemukan kotoran, disarankan untuk segera membersihkannya, dan jika perlu, gantilah dengan yang baru.

Demikian ulasan tentang Motor Anda Lagi Brebet? Begini Cara Mengatasinya, semoga bermanfaat.