Beberapa Tempat Wisata Jawa Tengah yang Populer

Beberapa Tempat Wisata Jawa Tengah yang Populer
Wisata Jawa Tengah | Foto : Media Cirebon 

Ubidate.com - Jawa Tengah adalah salah satu provinsi di Pulau Jawa yang pada awalnya dihuni oleh suku Jawa. Luas wilayah Jawa Tengah adalah 32.548 km2 atau sekitar 28,94% dari luas pulau Jawa. Wilayahnya berbatasan dengan Laut Jawa di sebelah utara, Jawa Timur di sebelah timur, Jawa Barat di sebelah barat, serta Samudera Hindia dan D.I.Yogyakarta di sebelah selatan.

Jawa Tengah sering disebut sebagai pusat kebudayaan Jawa karena memiliki tradisi kuno yang masih dipertahankan hingga saat ini. Jawa Tengah juga mempunyai bentang alam yang lengkap dan banyak peninggalan sejarah. Berikut telah dirangkum tujuh wisata wajib yang wajib dikunjungi di Jawa Tengah.

Lawang Sewu

Lawang Sewu dulunya merupakan bangunan Nederlands-Indische Spoorwerg Maatshappij (NIS) yang dibangun pada tahun 1904 pada masa penjajahan Belanda di Indonesia. Pasca kemerdekaan, Lawang Sewu diubah menjadi kantor Dinas Perkeretaapian Republik Indonesia (DKARI), Kodam Diponegoro, dan Kantor Wilayah Kementerian Perhubungan di Jawa Tengah. Sekarang Lawang Sewu digunakan sebagai tujuan wisata dan museum sejarah.

Julukan Lawang Sewu diberikan karena jumlah pintu dan jendela di gedung ini sangat banyak, meski jumlahnya tidak sampai seribu. Tempat ini terletak di Jalan Pemuda tepatnya di depan Tugu Muda Semarang. Banyak kejadian mistis yang tidak masuk akal sering terjadi disini. Beberapa kali juga dijadikan lokasi syuting film horor Indonesia.

Masjid Agung Demak

Seperti yang dilansir situs bolatangkas, Masjid Agung Demak merupakan masjid pertama di Kabupaten Demak yang didirikan oleh Raden Patah bersama Walisongo. Lokasinya di depan alun-alun Kabupaten Demak. Masjid Agung Demak masih mempertahankan bentuk bangunan aslinya hingga sekarang. Di belakang kompleks Masjid Agung Demak terdapat makam raja-raja yang pernah memerintah Kerajaan Demak. Di sisi kanan masjid terdapat museum yang menyimpan peninggalan sejarah dari kerajaan Demak dan Walisongo. Di bagian depan terdapat sebuah menara yang masih asli dari awal pembangunannya yang digunakan sebagai tempat mengumandangkan azan.

Karimunjawa

Karimun Jawa merupakan gugusan pulau kecil di Laut Jawa yang termasuk dalam wilayah Kabupaten Jepara. Karimun Jawa memiliki beragam destinasi wisata alam yang memukau. Di sini Anda bisa berenang bersama hiu, melihat matahari terbit/terbenam, berjemur di pantai, dan menyelam/snorkeling. Air yang sangat jernih dan kondisi alam yang masih terjaga membuat Karimun Jawa menjadi destinasi wajib anda kunjungi di Jawa Tengah.

Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan candi Budha yang dibangun pada masa Dinasti Syailendra. Hingga saat ini, Candi Borobudur menduduki posisi pertama sebagai candi Budha terbesar di dunia. Terletak di Kabupaten Magelang, Candi Borobudur selalu ramai dikunjungi pengunjung domestik maupun mancanegara.

Dataran Tinggi Dieng

Dataran Tinggi Doeng termasuk dalam kawasan vulkanik aktif dengan candi Hindu kuno yang mengelilinginya. Masyarakat Dieng sangat menjunjung tinggi tradisi luhur budayanya. Setiap awal Agustus diadakan acara budaya Dieng Culture Festival dengan agenda utama prosesi penitipan anak gimbal. Agustus adalah waktu terbaik untuk mengunjungi Dieng karena akan sangat ramai dengan berbagai pertunjukan budaya.

Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

Keraton Surakarta terletak di kota Solo, dan merupakan satu-satunya kerajaan di Jawa Tengah yang masih bertahan sampai sekarang. Sudah beberapa kali mengalami perbaikan namun keaslian bangunan keraton masih tetap terjaga. Wisatawan yang berkunjung ke sini wajib menjaga tutur kata dan tingkah laku. Kompleks Keraton Surakarta mempunyai museum yang menyimpan benda-benda bersejarah milik keluarga kerajaan.

Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo merupakan candi Hindu yang terletak  di Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang Desa Candi. Seperti namanya ada sembilan candi yang terletak di ketinggian yang berbeda. Candi Gedong I merupakan candi yang paling rendah, sedangkan Candi Gedong IX merupakan candi yang paling tinggi. Tidak hanya candi, di sini juga terdapat sumber air panas. Bagi Anda yang malas berjalan kaki menjelajahi kawasan Candi Gedong Songo, Anda bisa menggunakan kuda yang disewakan di tempat ini.

Candi Prambanan

Candi Prambanan adalah kompleks candi Hindu yang terkenal dan juga merupakan situs warisan dunia UNESCO. Candi ini memiliki arsitektur yang indah dan kaya akan legenda dan cerita epik dari zaman dahulu.

Gunung Merbabu dan Gunung Merapi

Bagi para pendaki, Gunung Merbabu dan Gunung Merapi menawarkan pengalaman mendaki yang menantang dan pemandangan alam yang spektakuler.

Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis adalah salah satu pantai terkenal di Jawa Tengah yang menawarkan pesona alam laut yang menakjubkan, serta memiliki nilai mistik dalam kepercayaan masyarakat setempat.

Itu hanya beberapa contoh tempat wisata di Jawa Tengah. Provinsi ini menawarkan banyak lagi destinasi menarik yang cocok untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Selamat menjelajahi keindahan Jawa Tengah. Demikianlah ulasan tentnag Beberapa Tempat Wisata Jawa Tengah yang Populer semoga bermanfaat.