Gunung Betung, Pesona Alam Eksotis Berbau Mistis di Lampung

Gunung Betung, Pesona Alam Eksotis Berbau Mistis di Lampung
Air Terjun Gunung Betung | Foto : Ubidate

Ubidate.com - Gunung Betung bukan sekadar sebuah rona tanah yang teguh berdiri. Ia merupakan salah satu daya tarik wisata unggulan di Lampung. Terletak di ketinggian 1200 mdpl, gunung ini menawarkan udara yang sejuk bahkan dingin.

Meskipun jalur pendakian tidak tergolong mudah, hal itu tidak memadamkan semangat para wisatawan yang ingin menikmati pesonanya. Gunung ini pernah menjadi bagian dari proyek Teropong Bintang yang digagas pemerintah. Namun, pergantian kebijakan di wilayah tersebut mengakibatkan proyek ini dibatalkan karena khawatir akan dampak negatifnya terhadap lingkungan.

Meski menghadapi tantangan tersebut, Gunung Betung tetap menjadi pilihan menarik untuk dikunjungi saat akhir pekan. Selain menawarkan pemandangan alam yang memukau, beragam kegiatan pun dapat dinikmati. Kombinasi kedua faktor ini memikat banyak wisatawan untuk datang. Jika Anda berada di pusat kota Bandar Lampung, sebaiknya pertimbangkan untuk mengunjungi lokasi ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Gunung Betung

Selayaknya kita catat, Gunung Betung termasuk dalam pilihan utama para pendaki. Faktor ini disebabkan oleh jalur pendakiannya yang menantang, dengan rute yang tajam dan berbukit. Alasan di balik semangat mereka yang rela mengeluarkan tenaga ekstra adalah daya tariknya yang begitu kuat. Bagi yang penasaran, berikut beberapa aspek menarik yang dimaksud!

1. Pesona Alam Berbau Mistis

Tiap gunung pasti membawa unsur yang memiliki nuansa mistis, terutama di tengah masyarakat yang cenderung tertarik pada hal-hal semacam itu. Begitu pula dengan gunung di pusat kota Lampung, di mana terdapat berbagai cerita yang membuatnya terkenal angker. Namun, pesona alamnya mampu menghapuskan rasa ketakutan terhadap hal-hal tersebut.

Keindahan pepohonan yang rimbun adalah pemandangan yang patut dinikmati dan sayang bila terlewatkan. Keunikan kontur batu pegunungan tidak hanya menjadi tantangan dalam perjalanan, melainkan juga menambah daya tarik yang lebih memukau. Gunung Betung juga merupakan habitat bagi berbagai jenis binatang liar, baik yang bersifat jinak maupun buas.

2. Terdapat Banyak Air Terjun

Tidak mengherankan apabila pegunungan menawarkan daya tarik berupa air terjun. Namun, bila terdapat sebanyak 17 air terjun, tentunya hal ini tidak umum. Setiap air terjun memiliki ketinggian dan karakteristik yang unik. Salah satu contohnya adalah air terjun Pemandian Bidadari yang terletak tidak jauh dari puncak gunung.

Dengan durasi sekitar 20 menit dari titik pos pendaftaran atau gerbang masuk, Anda akan sampai di air terjun ini. Rasa kelelahan selama perjalanan akan hilang begitu Anda mencapai air terjun tersebut. Namun, untuk air terjun lainnya, jaraknya lebih jauh dan mungkin tidak layak dikunjungi jika tujuan utama Anda adalah mencapai puncak Gunung Betung.

3. Adanya Batu Lapis

Salah satu pesona lainnya adalah keberadaan batu lapis, yang masih memiliki kaitan dengan unsur mistis. Dinamai demikian karena batu ini memiliki tekstur yang berlapis-lapis. Dengan ukurannya yang cukup besar, batu ini sering dianggap memiliki nilai sakral. Biasanya, batu lapis ini menjadi objek foto yang populer di kalangan para wisatawan.

4. Nilai Sejarah Perjuangan Aulia

Dikisahkan oleh penduduk setempat, Gunung Betung dijadikan tempat perlindungan oleh beberapa aulia Lampung pada masa penjajahan Belanda. Salah satu aulia yang menggunakan tempat perlindungan ini adalah Sultan Alamsyah. Keterangan ini juga diperkuat oleh adanya makam keramat yang diyakini sebagai makam aulia tersebut.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Untuk mengakses kawasan gunung di Bandar Lampung ini, tidaklah rumit karena letaknya masih dekat dengan pusat kota. Alamatnya terletak di Gunung Betung, Kecamatan Hutan, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Jika Anda berada di pusat Kota Lampung, perjalanan sekitar 15 kilometer dapat ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit.

Namun, perjalanan hanya akan membawa Anda hingga area parkir. Sisanya, Anda perlu berjalan kaki untuk mencapai puncak Gunung Betung. Terdapat dua jalur pendakian yang dapat dipilih, melalui Desa Wiyono atau Desa Talang Mulya.

Kedua jalur tidak berbeda dalam hal tantangan yang dihadapi. Seperti umumnya di gunung, sebagian besar perjalanan akan melibatkan tanah dan batu. Tetapi jangan khawatir, karena perjalanan pasti akan menjadi pengalaman yang menyenangkan dengan pemandangan indah di sekitar area tersebut. Jika Anda merasa lelah, ada warung-warung di beberapa titik yang bisa digunakan sebagai tempat istirahat dan pengisian tenaga.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Kelebihan dari objek wisata alam adalah harga tiket masuk yang terjangkau. Berbeda dengan kunjungan ke taman bermain yang bisa menghabiskan ratusan ribu rupiah per orang. Gunung Betung hanya meminta biaya tiket masuk sebesar 15.000 rupiah per orang. Harga ini juga mencakup izin untuk bermalam, meskipun belum termasuk biaya parkir kendaraan.

Bagi pengendara sepeda motor, disarankan untuk menyiapkan tambahan sebesar 5.000 rupiah. Sementara bagi mobil berukuran lebih besar, biayanya adalah 10.000 rupiah. Harga tersebut belum termasuk biaya penitipan barang jika diperlukan. Anda dapat mengunjungi kapan saja karena gunung yang indah ini buka setiap hari sepanjang 24 jam.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Selain pesona alamnya, aktivitas juga menjadi faktor utama bagi wisatawan yang berencana mengunjungi sebuah destinasi. Prinsip ini berlaku pula untuk Gunung Betung, yang menjadi tujuan wisata alam favorit bagi penduduk lokal dan sekitarnya. Tidak hanya sekadar daya tarik alam, beragam aktivitas pun menambah keseruan liburan Anda di lokasi ini.

1. Trekking Menuju Puncak

Salah satu aktivitas yang paling menarik dan pasti menyenangkan adalah pendakian menuju puncak. Seperti disebutkan sebelumnya, jalur pendakian mungkin sulit, terutama bagi pendaki pemula. Namun, hal ini sebenarnya menjadi tantangan yang menarik bagi petualang sejati. Medan yang berkelok dan terkadang licin tidak menghentikan semangat mereka.

Aktivitas ini tidak hanya penuh tantangan, tetapi juga dapat memicu adrenalin. Gunung yang indah ini memiliki puncak tertinggi pada ketinggian 1240 mdpl. Meskipun begitu, Anda tidak perlu mencapai puncak tertinggi untuk menikmati pemandangan yang menakjubkan, karena beberapa titik lainnya juga menyajikan panorama yang tak kalah memukau.

Perjalanan yang Anda lalui memang penuh tantangan, sehingga tak ada salahnya berhenti sejenak di tengah perjalanan. Apabila memungkinkan, Anda dapat beristirahat di warung-warung yang berada di sepanjang jalur pendakian. Jika ingin beristirahat sebentar atau merasa lapar, Anda dapat menggunakan warung-warung tersebut sebagai tempat singgah.

2. Bermain di Air Terjun

Sebelum mencapai puncaknya, Gunung Betung memiliki beberapa air terjun yang telah dijelaskan sebelumnya. Untuk bisa mencapai lokasi tersebut, diperlukan waktu perjalanan sekitar 20 menit. Salah satu air terjun memiliki ketinggian 30 meter, sehingga ketika Anda mendekati lokasi, Anda akan merasakan semburan airnya.

Ada sungai yang harus Anda lintasi untuk menikmati panorama indah air terjun. Namun, tentu saja hal ini tidak menjadi hambatan karena tersedia jembatan penyeberangan yang dapat digunakan. Setibanya di air terjun, Anda dapat menikmati berbagai aktivitas menarik, seperti mandi atau bermain air.

3. Camping di Gunung Betung

Gunung Betung masih tergolong sebagai bagian dari kawasan Taman Hutan Raya Wan Abdul Rachman (Tahura WAR). Karena itu, gunung ini tetap berada di bawah pengawasan dan perlindungan pemerintah. Meskipun begitu, kegiatan berkemah masih diizinkan, selama tidak merugikan ekosistem atau lingkungan sekitar.

Terdapat dua lokasi perkemahan yang disediakan, yang dapat Anda pilih. Namun, lebih disarankan untuk menggunakan area yang berdekatan dengan pos penjagaan, dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Sedangkan area lainnya lebih jauh dan memerlukan perjalanan sekitar 2 jam.

4. Berburu Spot Foto

Aktivitas fotografi menjadi suatu hal yang tak terelakkan, baik untuk mempercantik akun media sosial atau sebagai kenang-kenangan. Terlebih lagi, Gunung Betung menawarkan beragam pemandangan indah yang cocok sebagai latar belakang. Sebut saja hutan lebat dengan warna hijau khasnya.

Jika itu belum cukup, air terjun juga menjadi pilihan yang menarik sebagai objek latar belakang. Namun, semuanya jauh lebih menarik ketika Anda sudah mencapai puncak gunung. Pemandangan yang dapat Anda nikmati dari sana patut untuk diperjuangkan, meskipun perjalanan menuju puncak bisa sangat menantang.

5. Wisata Kulineran

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa aktivitas mencari makanan lezat dapat dilakukan di atas gunung. Sebenarnya, aktivitas ini tidak dapat dilakukan di puncak gunung, tetapi lebih tepatnya selama perjalanan. Selain itu, kesempatan untuk mencoba makanan lokal bisa diambil saat berada di pos penjagaan atau lebih tepatnya di area parkir kendaraan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Walaupun Gunung Betung berada di kawasan hutan, namun tersedia beberapa fasilitas yang dapat Anda manfaatkan. Hal ini disebabkan oleh pengelolaan objek wisata yang baik oleh pemerintah dan melibatkan partisipasi warga setempat. Untuk keperluan mandi atau mengganti pakaian, tersedia fasilitas toilet.

Selain itu, terdapat area parkir dan tempat untuk menyimpan barang bawaan jika diperlukan. Jika Anda tidak berencana bermalam dengan berkemah, ada pilihan penginapan di rumah-rumah penduduk setempat. Anda tidak perlu melakukan pendakian sendiri untuk mencapai puncak, karena tersedia layanan ojek yang dapat membawa Anda ke atas.

Gunung Betung tidak hanya menghadirkan daya tarik khas gunung, tetapi juga berbagai elemen menarik lainnya. Air terjun dan area perkemahan hanya beberapa contohnya. Saat mengunjungi, penting untuk mengikuti peraturan yang telah ditetapkan untuk menjaga kenyamanan bersama. Lebih dari itu, penting juga untuk memelihara kelestarian alam dengan tidak merusaknya.