Ketahui Manfaat Dan Cara Daftar Aplikasi Linkedin

Ketahui Manfaat Dan Cara Daftar Aplikasi Linkedin
Aplikasi Linkedin | Foto : Ubidate 

Ubidate.com - Mungkin Anda sudah mengetahui cara membuat Linkedin, salah satu hal penting yang perlu diketahui oleh para pencari kerja, lulusan baru, atau mahasiswa yang sedang mencari magang. Platform ini membantu penggunanya untuk menjelaskan latar belakang dan keterampilan masing-masing kepada pemberi kerja. Yuk simak dibawah ini bagaimana Cara Daftar Aplikasi Linkedin.

Apa itu Linkedin

Linkedin merupakan platform yang dapat memudahkan pengguna dalam mengakses melalui aplikasi seluler, desktop, dan halaman web seluler. Setiap profil yang dimiliki seseorang dapat berisi informasi seseorang mulai dari kisah profesional unik hingga pengalaman, keterampilan, dan pendidikan seseorang.

Selain itu Linkedin merupakan aplikasi untuk menyelenggarakan acara offline, bergabung dengan grup, menulis artikel, memposting foto dan video, dan masih banyak lagi kegunaan unik dari aplikasi ini. Berikut cara mendaftar dan menggunakan aplikasi Linkedin di Android:

Cara Daftar Aplikasi Linkedin di Android

Dalam lingkungan profesional, seseorang umumnya diharapkan untuk menunjukkan tingkat mandiri yang lebih tinggi dan berani menerapkan pengetahuannya dengan percaya diri. LinkedIn, sebagai platform media sosial yang bertujuan untuk mencari peluang karier, dapat menjadi alat yang sangat berguna.

Dapat mendukung individu dalam membangun karier dengan mengaktifkan partisipasi aktif dan mengenalkan diri secara efektif untuk membangun relasi di dalam ranah profesional. Berikut ini cara daftar Linkedin yang tepat:

  • Silakan download dan install aplikasi Linkedin di smartphone Android Anda.
  • Setelah aplikasi Linkedin terinstall, langsung saja buka sob.
  • Jika Anda belum memiliki akun Linkedin. Jadi, Anda harus membuat akun terlebih dahulu. Anda bisa melakukan pendaftaran dengan menggunakan alamat email Google Anda.
  • Setelah berhasil membuat akun, lalu lengkapi biodata Anda dan silahkan isi pekerjaan Anda.
  • Kemudian Anda dapat mengunggah foto profil Anda ke akun Linkedin yang baru Anda buat.
  • Selanjutnya adalah mencari teman di Linkedin. Anda dapat dengan mudah terhubung dengan mitra bisnis Anda, tunggu dan akun Linkedin Anda sudah siap digunakan.

Manfaat Menggunakan Linkedin

Dengan beragam kegunaan dan fungsi, Linkedin menjadi platform yang bisa Anda andalkan untuk menunjang karir profesional Anda. Keuntungan menggunakan Linkedin meliputi:

Bangun Profil Profesional

Untuk memanfaatkan fitur deskripsi diri dan informasi pribadi, Anda dapat membuat profil dengan mengisi data pribadi secara lengkap seperti foto, daftar riwayat hidup, resume, portofolio, dan lain sebagainya. Padahal, informasi yang bisa dipublikasikan di Linkedin tidak harus panjang lebar dan lengkap, namun validasi informasi dan keterampilan diutamakan.

Membangun dan Memperluas Koneksi

Dengan Linkedin, Anda mendapatkan kemudahan berinteraksi dengan banyak orang tanpa harus bertemu. Anda bisa menambah koneksi dengan orang-orang yang mempunyai minat bekerja di bidang yang sama.

Menjaga Hubungan dengan Relasi Lama dan Teman

Jika Anda memiliki hubungan lama yang ingin Anda hubungi untuk urusan pekerjaan atau urusan profesional lainnya, Anda dapat mencarinya di Linkedin. Informasi mengenai hubungan kalian juga dapat diakses secara lengkap melalui profil kalian masing-masing.

Memudahkan Mencari Dan Melamar Pekerjaan

Linkedin digunakan lebih dari sekedar membuat koneksi. Akan tetapi dalam mencari dan melamar suatu pekerjaan bisa dilakukan di aplikasi linkedin. Hanya dengan sekali klik, Anda bisa melihat sederet lowongan kerja dari perusahaan ternama maupun perusahaan lainnya, baik besar maupun kecil.

Membuka Peluang untuk Direkrut oleh Perusahaan

Beberapa eksekutif perusahaan juga memiliki Linkedin yang mereka gunakan untuk tujuan profesional, misalnya mencari pekerja untuk direkrut di perusahaannya. Dengan modal Linkedin, data profesional yang lengkap dan memiliki skill yang tepat.

Seorang eksekutif perusahaan dapat menghubungi seseorang untuk merekrut atau berkolaborasi. Oleh karena itu, memperbarui profil data akun Anda menjadi penting agar para eksekutif perusahaan seperti ini dapat mengenal Anda lebih baik.

Tunjukkan Keahlian dan Keterampilan

Selain mengisi profil Anda dengan pengalaman dan pendidikan, menunjukkan keahlian dan keahlian Anda dapat berguna untuk menunjukkan kekuatan Anda. Hal ini berguna untuk membantu perusahaan atau masyarakat yang membutuhkan pekerja dengan keterampilan tertentu untuk memanfaatkan keterampilan atau keahlian tersebut. 

Selain itu, dengan menunjukkan keahlian dan keterampilan, Anda dapat berbagi cerita dengan orang-orang di bidang yang sama sehingga dapat membangun image Anda menjadi lebih baik.

Dapatkan Informasi dan Inspirasi

Tak hanya menjadi tempat berbagi cerita dan pengalaman, Linkedin menjadi aplikasi yang memberikan Anda akses informasi terkini seputar dunia kerja. Fitur ini dapat digunakan sebagai sumber informasi dan inspirasi baru yang bermanfaat. 

Demikian penjelasan dari saya tentang inilah ketahui manfaat dan Cara Daftar Aplikasi Linkedin semoga bermanfaat, terimakasih.