Bagaimana Cara Mempercepat Kinerja Laptop Pada Windows 11? Berikut Caranya

Bagaimana Cara Mempercepat Kinerja Laptop Pada Windows 11? Berikut Caranya
Kinerja Laptop | Foto : Ubidate 

Ubidate.com - Sudah hampir tahun 2024 tapi laptop atau PC kamu masih terasa lemot? Meskipun Anda sudah menggunakan Windows 11. 

Apakah Anda merasa pusing saat membuka Microsoft Word, apakah laptop atau PC Anda terasa lemot dan terkadang berkaki panjang? Anda harus segera memperbaikinya sebelum terlambat. Di bawah ini kami telah sajikan untuk Anda Cara Mempercepat Kinerja Laptop di Windows 11.

Cara Mempercepat Kinerja Windows 11

Pantau Aplikasi Di Latar Belakang

Saat Anda bekerja dengan suatu program, aplikasi lain menggunakan komputer Anda, mereka tidak memata-matai Anda dan itu bukan hal yang buruk, itu adalah tugas mereka. Namun, aplikasi ini memakan ruang kerja dan mengganggu PC Anda, sehingga dapat memperlambat kinerjanya. Jika tugas yang ada memerlukan daya lebih besar, matikan aplikasi lain agar komputer Anda dapat fokus. Oleh:

  • Masuk ke Task Manager
  • Temukan mereka yang menggunakan sumber daya dan matikan
  • Tombol kanan mouse, "end task"
  • Kosongkan Startup Windows

Cara mengatasi laptop Windows 11 lemot selanjutnya adalah dengan mengosongkan Startup Windows melalui Task Manager. Di Task Manager Anda dapat menemukan fungsi yang sangat berguna jika komputer Anda membutuhkan waktu lama untuk memulai setiap hari.

Beberapa aplikasi dan program dimulai bersamaan dengan keseluruhan sistem, ini mungkin berguna untuk menyiapkan rencana kerja dalam sekejap, tetapi ini merupakan beban kerja yang berlebihan untuk komputer Anda.

  • Di Task Manager, temukan bagian Beranda
  • Pilih aplikasi yang tidak dapat Anda gunakan apa pun saat startup
  • Klik tombol kanan dan centang Nonaktifkan
  • Kosongkan Ruang Penyimpanan

Ketika drive penyimpanan, terutama hard drive atau SSD tempat sistem operasi disimpan, memiliki sedikit ruang kosong, fragmen data aplikasi untuk mengisi kekosongan, dan Windows mengalami masalah dalam melakukan operasi sementara dan memperbarui file. 

Kami merekomendasikan untuk memiliki setidaknya 20% ruang kosong dan jika Anda masih melihat kurangnya kinerja, coba kosongkan lebih banyak ruang untuk melihat apakah hal tersebut meningkatkan kinerja PC Anda. 

Windows menawarkan alat yang disebut Disk Cleanup, ketika Anda membukanya Anda harus menandai data yang ingin Anda bersihkan dan tekan tombol Bersihkan file Sistem untuk menghapus instalasi Windows lama dan titik pemulihan. 

Bagaimanapun, Anda perlu melakukan pembersihan manual antara foto, dokumen, permainan, dan kumpulan file lain yang mungkin Anda simpan di hard drive eksternal dan bukan di komputer Anda agar tidak menenggelamkannya.

Hindari Bloatware

Bloatware atau aplikasi dan file lain yang telah diinstal oleh pabrikan pada perangkat sebelum menjualnya. Ini adalah cara untuk mempromosikan program dan sistem Anda sehingga pengguna dapat menemukan dan mengujinya, namun jika tidak meyakinkan Anda, lebih baik menghapusnya daripada menyimpannya di komputer Anda.

Hapus Transparansi

Bersamaan dengan trik sebelumnya, kita juga bisa menonaktifkan efek visual Windows lainnya yang sangat menarik namun sangat berat seperti transparansi. Sedikit demi sedikit kita menambah kinerja pada tugas-tugas yang paling penting dan mengurangi tugas-tugas lainnya. 

Pilih menu start, taskbar, dan Pusat Tindakan memiliki tata letak berbeda yang dapat kita sesuaikan dan transparansi berfungsi lebih baik daripada warna buram sederhana. Untuk menonaktifkannya:

  • Masuk saja ke Pengaturan (Windows + I)
  • Pilih bagian Personalisasi dan Warna
  • Nonaktifkan transparansi dan pilih warna yang Anda suka untuk basis Windows baru Anda
  • Aktifkan Pemeliharaan Otomatis Windows

Komputer juga melakukan proses pemeliharaannya sendiri untuk menjaga kualitas dan kinerja puncak yang lebih baik. Setiap hari Windows melakukan serangkaian pemeriksaan, pemindaian keamanan perangkat untuk mencari kesalahan dan membuat diagnosis untuk menjaga kinerja PC terbaik dan tanpa masalah. 

Proses ini harus diaktifkan saat komputer sedang diisi dayanya dan tidak digunakan, namun fungsinya mungkin telah dinonaktifkan. Periksa apakah itu berfungsi:

  • Buka Panel Kontrol
  • Pilih Sistem dan Keamanan lalu Keamanan dan Pemeliharaan
  • Lihat di bagian Pemeliharaan untuk fungsi otomatis

Anda dapat memberitahu sistem untuk segera melakukannya dengan tombol Mulai Pemeliharaan atau memasukkan konfigurasi untuk mengelola pengoperasiannya. Namun, Anda mungkin melihat bahwa tanggal eksekusi akhir sudah dekat, yang berarti ini berfungsi dengan baik.

Perbarui Windows 11

Contoh sebelumnya adalah contoh jelas mengapa kita harus mempercayai Windows untuk mengelola dan menjaga perangkat kita tetap siap. Meskipun ini adalah sistem operasi yang rentan terhadap kegagalan pada setiap pembaruan, masalahnya biasanya dianggap lebih besar daripada kelebihannya, yang banyak sekali.

Dengan beberapa pembaruan yang kami terima sepanjang tahun, Microsoft memperbaiki kesalahan sistem, memperkuat kinerja perangkat, dan melindungi sistem dari kemungkinan serangan, yaitu terus memperbarui antivirus Anda untuk melawan ancaman yang ditemukan. Itulah mengapa penting untuk selalu memperbarui perangkat Anda.

Cukup klik tombol shutdown dan pilih opsi Perbarui dan mulai ulang. Tetapi jika Anda ingin mengetahui cara memeriksa versi Windows yang Anda miliki dan apakah ada pembaruan yang tersedia saat ini.

Matikan Dan Hidupkan Komputer

Trik lain yang paling sederhana adalah dengan sering me-restart perangkat. Saat Anda menggunakan komputer, memorinya berkurang, proses melambat, dan segala sesuatunya tampak menurun. Saat Anda me-restart komputer, memori RAM dibersihkan dan semuanya siap bekerja kembali, menghilangkan proses latar belakang atau tugas yang menumpuk.

Demikian ulasan tentang Bagaimana Cara Mempercepat Kinerja Laptop Pada Windows 11? Berikut Caranya seperti yang dilansir Indobetslot88. Semoga bermanfaat.