Ini Dia Beberapa Manfaat Daun Sirih Yang Dapat Anda Ketahui

Ini Dia Beberapa Manfaat Daun Sirih Yang Dapat Anda Ketahui
Tanaman Daun Sirih | Foto : Pixabay 

Ubidate.com - Daun Sirih merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang dikenal banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Salah satu manfaat daun sirih yang bisa Anda ketahui yaitu membantu menjaga kesehatan organ kewanitaan.

Namun manfaat daun sirih untuk kesehatan tidak hanya sebatas itu saja. Tanaman ini ternyata juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi, saluran pencernaan, dan kecantikan. Yuk simak penjelasan lengkap mengenai manfaat daun sirih di bawah ini.

Beberapa Manfaat Daun Sirih

Mengatasi Penyakit Diabetes

Seorang dokter mengatakan manfaat daun sirih merah yang pertama adalah dapat menurunkan kadar gula darah. Hal ini sejalan dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh sebuah universitas di Indonesia. Dalam penelitiannya, daun sirih merah mengandung senyawa yang dapat bermanfaat bagi penderita diabetes.

Flavonoid, alkaloid dan tanin merupakan senyawa aktif yang terkandung dalam daun sirih merah. Khususnya flavonoid, senyawa tersebut berperan dalam merangsang sel yang menyebabkan peningkatan sekresi insulin, sehingga dapat menurunkan kadar gula darah.

Menghambat Sel Kanker

Senyawa alkaloid yang terkandung dalam daun sirih merah ternyata memiliki sifat antineoplastik. Hal ini membuat tanaman ini bekerja efektif menghambat pertumbuhan sel kanker. Faktanya, manfaat ini telah dibuktikan pada kanker usus besar. 

Berdasarkan data yang ada, sejumlah senyawa yang dimiliki daun sirih merah berpotensi menghambat protein penanda kanker usus besar. Oleh karena itu, daun sirih merupakan salah satu pengobatan antikanker yang dapat dipertimbangkan.

Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat daun sirih merah yaitu dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Daun jenis ini mengandung senyawa saponin yang dapat memicu pembentukan kolagen dengan membentuk jaringan baru. Senyawa ini mempunyai peranan penting dalam proses penyembuhan luka. Tak hanya itu, senyawa ini juga berperan sebagai antiseptik yang efektif untuk penyembuhan luka terbuka. 

Merawat Organ Intim Wanita

Seringkali daun sirih merah digunakan untuk mengurangi keputihan dan menjaga kebersihan vagina. Daun sirih merah dipercaya dapat mengurangi keputihan, keputihan dan gatal-gatal pada alat kelamin. Ini semua berkat kandungan eugenol pada sirih merah. Senyawa ini mampu menurunkan pH vagina dan mengatasi keputihan. 

Tak hanya itu, kandungan tanin pada daun sirih merah juga bermanfaat untuk mengurangi sekresi cairan pada vagina. Namun tidak disarankan terlalu sering menggunakan air rebusan daun sirih pada area kewanitaan, karena dapat mengubah pH vagina.

Sebagai Obat Batuk

Khasiat rebusan daun sirih merah juga dapat mengobati gangguan pernafasan seperti batuk dan pilek. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa merebus beberapa lembar daun salam dalam air. 

Pastikan untuk menambahkan kapulaga, cengkeh, dan kayu manis. Kemudian konsumsi ramuan ini dua hingga tiga kali sehari untuk mengobati batuk dan pilek. Meski bisa melegakan pernapasan, ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter sebelum mengonsumsi ramuan herbal ini.

Mengobati Penyakit Liver

Ekstrak daun sirih merah memiliki aktivitas antiinflamasi dan antioksidan. Keduanya bisa bermanfaat untuk mengobati kerusakan hati. Pasalnya, hati merupakan organ penting yang berperan besar dalam proses metabolisme tubuh. 

Obat-obatan dan alkohol dapat menyebabkan stres oksidatif yang dapat menyebabkan kerusakan hati. Beruntungnya, anti inflamasi dan antioksidan yang terkandung dalam sirih merah terbukti berkhasiat dalam mengobati penyakit liver. 

Menurunkan Kolesterol

Manfaat daun sirih merah yaitu dapat membantu menurunkan kolesterol. Ini semua berkat kandungan eugenol yang mampu menghambat jumlah kolesterol yang diproduksi di hati, sehingga dapat membantu mengurangi jumlah lipid yang diserap usus.

Namun sebuah penelitian menunjukkan bahwa pemberian daun sirih merah tidak mempengaruhi kadar kolesterol darah. Oleh karena itu, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitas pemberian sirih merah sebagai penurun kolesterol.

Mengatasi Depresi

Memakan daun sirih atau meminum air rebusannya ternyata dapat membuat otak untuk memproduksi lebih banyak serotonin. Hormon bahagia ini dapat membantu mengatasi perasaan depresi dan kecemasan.

Namun ada juga penelitian yang menyatakan bahwa penderita depresi memiliki kecanduan mengunyah sirih. Dikutip dari beberapa sumber, ternyata pasien yang memakan sirih menunjukkan gejala depresi yang lebih parah. Setelah mendapat terapi antidepresan, kecanduan mengunyah sirih berkurang secara signifikan.

Mengatasi Radang Mata

Aktivitas antibakteri yang terkandung dalam ekstrak daun sirih ternyata dapat bermanfaat untuk mengobati konjungtivitis atau radang mata yang disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus. 

Hal ini telah dibuktikan dengan menggunakan obat tetes mata yang mengandung daun sirih. Produk ini terbukti mampu menurunkan jumlah bakteri dan berhasil melawan konjungtivitis. Meski begitu, Anda tetap perlu berhati-hati saat menggunakannya. 

Mengobati Asma

Asma merupakan masalah kesehatan yang berhubungan dengan pernafasan. Tak hanya itu, penyakit ini juga merupakan kelainan peradangan. Untungnya daun sirih memiliki sifat anti inflamasi sehingga dapat digunakan untuk membantu orang yang terkena asma. 

Tak hanya itu, terdapat kandungan antihistamin pada daun sirih. Kandungan ini dapat membantu mencegah dan mengendalikan asma. Jika Anda tertarik untuk menggunakannya, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Demikian ulasan artikel tentang Ini Dia Beberapa Manfaat Daun Sirih seperti yang dilansir bandar alexistogel. Semoga bermanfaat.