Inilah Mata Kuliah Kedokteran Yang Wajib Dikuasai Oleh Mahasiswa

Inilah Mata Kuliah Kedokteran Yang Wajib Dikuasai Oleh Mahasiswa
Ruangan Lab Kedokteran | Foto : Berbagai Sumber 

Ubidate.com - Mata Kuliah Kedokteran juga wajib anda ketahui selain mempersiapkan biaya pendidikannya, karena hal-hal tersebut akan anda jumpai selama belajar di bidang tersebut. Di antara sekian banyak pelajaran, ada beberapa pelajaran semasa sekolah kedokteran yang wajib dan harus Anda kuasai untuk menjadi seorang dokter. 

Saat pertama kali masuk perguruan tinggi, kamu akan dihadapkan pada mata pelajaran umum seperti Bahasa Indonesia, Komunikasi Efektif untuk Dokter, Keterampilan Belajar dan Berpikir Kritis. Memasuki semester kedua, materi wajib yang akan Anda hadapi saat belajar kedokteran akan mulai fokus pada ranah kedokteran. 

Beberapa contoh pembelajaran pada semester 2 adalah Hemato Imunologi, Metabolisme dan Endokrin. Pada semester 3 ke atas Anda hanya akan menghadapi mata kuliah utama kedokteran. Apa saja mata kuliah kedokteran yang wajib dikuasai? Simak artikel di bawah ini!

Mata Kuliah Kedokteran Yang Wajib Dikuasai

Anatomi

Anatomi merupakan salah satu akar dari disiplin ilmu kedokteran, dan mata kuliah ini wajib diikuti oleh semua mahasiswa kedokteran. Dalam mata kuliah kedokteran ini, tidak hanya bagian luarnya saja, seperti kepala, tangan, dan kaki saja yang akan Anda pelajari. Namun organ tubuh bagian dalam jugalah yang membentuk struktur tersebut agar setiap anggota tubuh dapat bergerak dan berinteraksi secara maksimal.

Biologi Seluler

Seperti yang dipelajari pada pelajaran anatomi, bedanya biologi seluler akan mempelajari biologi pada tingkat yang lebih kompleks yaitu pada tingkat perkembangan sel. Dalam kursus kedokteran utama ini Anda akan mempelajari bagaimana sel dapat berkelompok dan berkembang menjadi jaringan. Kemudian jaringan tersebut berkembang menjadi organ, kemudian menjadi sistem organ, hingga akhirnya terbentuklah makhluk hidup.

Genetika

Pernahkah Anda menyadari mengapa seorang anak bisa mewarisi sifat, bakat, atau bentuk fisik dari orang tuanya? Jadi, sebagai mahasiswa kedokteran, Anda akan mempelajari hal ini dalam pelajaran genetika. Sebagai salah satu mata kuliah kedokteran utama di cabang biologi ini, Anda juga akan memahami mengapa terjadi kesalahan atau mutasi genetik pada suatu organisme atau makhluk hidup.

Kardiovaskular

Anda akan mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan darah dalam pelajaran kardiovaskular. Seperti bagaimana fungsi jantung dan pembuluh darah menyalurkan darah yang mengandung oksigen dan nutrisi lainnya ke jaringan dalam tubuh. Dalam kursus kedokteran ini Anda juga akan mempelajari dasar-dasar pengobatan masalah jantung dan pembuluh darah.

Respiratorius

Setelah mempelajari tentang sistem peredaran darah, kita beralih ke salah satu mata kuliah wajib kedokteran yaitu sistem pernafasan. Organ pernapasan merupakan organ yang menyediakan tempat terjadinya pertukaran gas antara darah dan atmosfer. Anda akan memahami bagaimana oksigen masuk dari rongga hidung ke paru-paru. Lalu apa saja penyakit dan gangguan pada sistem pernapasan, serta cara pengobatannya.

Gastrointestinal

Selain membutuhkan oksigen untuk bernafas, manusia juga membutuhkan makanan untuk dapat melakukan aktivitas sehari-hari. Dalam kursus kedokteran dasar wajib ini, Anda akan mempelajari cara kerja saluran pencernaan dan proses pencernaan dalam tubuh manusia. Dapat dikatakan bahwa pelajaran gastrointestinal ini menuntut siswa untuk memahami cara kerja organ sistem pencernaan seperti lambung dan usus.

Metabolisme Dan Energi

Setiap aktivitas manusia pasti melibatkan proses metabolisme dan energi di dalam tubuh. Inilah yang akan Anda pelajari dalam mata kuliah kedokteran wajib yang banyak membahas tentang proses kimia. Salah satunya adalah cara tubuh mengolah makanan menjadi energi. Anda juga akan mempelajari bagaimana usia, jenis kelamin, dan genetika dapat mempengaruhi proses metabolisme dalam tubuh.

Reproduksi

Nah, mata pelajaran kedokteran dasar yang satu ini mungkin sudah menjadi favorit kamu sejak masih duduk di bangku sekolah karena menyajikan gambar dan visual yang menarik. Namun dalam perkuliahan, pelajaran reproduksi sangat penting karena berkaitan dengan banyak pelajaran lain seperti genetika, anatomi, dan biologi seluler.

Pada mata kuliah reproduksi Anda akan mempelajari bagaimana proses biologis suatu individu menghasilkan individu baru dan peran reproduksi dalam kelangsungan hidup makhluk hidup.

Ilmu Bedah

Anda juga harus menguasai mata pelajaran kedokteran dasar ini, meskipun Anda tidak tertarik untuk melanjutkan spesialisasi di bidang bedah. Sebagai calon dokter, kamu tetap harus menguasai ilmu dan teknik dasar dalam bidang bedah lho! Nantinya Anda akan banyak mendapatkan praktik pada mata kuliah bedah sehingga dapat menyeimbangkan teori yang telah Anda pelajari sebelumnya.

Ilmu Penyakit Dalam

Pada dasarnya, kursus kedokteran ini akan membuat Anda memahami penyakit manusia dan bagaimana kami mencoba mengobati penyakit dan kelainan tersebut. Nah, pada pelajaran penyakit dalam kali ini Anda sebagai mahasiswa kedokteran akan belajar tentang berbagai penyakit dalam yang biasa menyerang manusia.

Parasitologi

Parasit dapat hidup pada tumbuhan, hewan, atau manusia, dan dapat menyebabkan penyakit atau gangguan pada inangnya. Pada mata kuliah kedokteran parasitologi ini Anda akan mempelajari tentang penyakit yang disebabkan oleh parasit pada manusia, termasuk cara mendiagnosis dan mengobatinya.

Beberapa jenis parasit yang sering dipelajari dalam parasitologi adalah protozoa seperti Plasmodium falciparum penyebab penyakit malaria, cacing seperti cacing pita yang menyerang usus manusia, dan arthropoda seperti nyamuk Aedes aegypti yang menularkan penyakit demam berdarah.

Demikian ulasan artikel tentang Inilah Mata Kuliah Kedokteran Yang Wajib Dikuasai Oleh Mahasiswa seperti yang dilansir agen sbobet. Semoga bermanfaat.