Speaker Laptop Mati Sebelah? Berikut Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Speaker Laptop Mati Sebelah? Berikut Penyebab Dan Cara Mengatasinya
Laptop | Foto : Pixabay 

Ubidate.com - Speaker merupakan bagian penting dari sebuah laptop. Segala jenis audio, baik itu musik maupun suara video, bisa kita dengarkan berkat speaker bawaan laptop. Ya, meski suara yang dihasilkan tidak begitu mengesankan, namun cukup layak untuk dijadikan perangkat output tambahan. 

Pada umumnya laptop dilengkapi dengan dua buah speaker di sisi kiri dan kanan. Namun terkadang muncul masalah dimana Speaker Laptop Mati Sebelah. Ketika kita mendapati speaker laptop mati di salah satu sisinya, pasti terasa kurang enak didengar. Masalah ini sepertinya sudah dialami oleh hampir semua pengguna laptop dengan berbagai sistem operasi, baik itu Windows 10, 8, atau 7. 

Namun terkadang masalah ini bisa hilang dengan sendirinya dan bisa tiba-tiba terulang kembali. Meski begitu, perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut agar kerusakan tidak bertambah parah. 

Penyebab Speaker Laptop Mati Sebelah

Pengaturan Left Dan Right Mode Stereo

Biasanya file audio stereo memiliki dua suara yaitu kiri dan kanan yang naik turun saat diputar sehingga menimbulkan efek suara 3 dimensi. Perhatikan bahwa pengaturannya seimbang antara kiri dan kanan. Namun jika berada di samping kiri atau kanan maka salah satu speaker di laptop tidak akan berbunyi.

Stereo Dalam File Audio Tidak Seimbang

Kualitas stereo suatu file audio juga dapat menyebabkan speaker laptop mati di satu sisi. Bukan karena rusak, melainkan karena keluaran audio yang tidak seimbang antara kanan dan kiri sehingga salah satunya seperti tidak ada suara. Biasanya file audio yang Anda unduh secara gratis berpotensi mengalami hal seperti ini karena file audio tersebut diperoleh secara ilegal sehingga kualitasnya buruk.

Driver Sound Yang Tidak Cocok

Lalu yang ketiga kemungkinan ada masalah pada sound driver yang tidak kompatibel. Terkadang ketika Anda menginstal driver suara yang tidak kompatibel dengan hardware di laptop Anda, kinerjanya tidak maksimal. Salah satunya adalah tidak bisa berfungsi secara stereo. Artinya salah satu speaker baik kanan atau kiri tidak bisa mengeluarkan suara. Driver sendiri mempunyai fungsi untuk mengatur perintah pada hardware.

Sound Card Laptop Bermasalah

Sound card merupakan sebuah perangkat keras yang tugasnya mengolah file audio agar dapat dikeluarkan melalui output yaitu speaker. Rata-rata sound card pada laptop bersifat on board yang artinya menyatu dengan main board. Komponen on board biasanya rawan bermasalah karena kualitas dan spesifikasinya yang kurang baik. Speaker laptop mati mungkin juga disebabkan oleh masalah pada sound card.

Kabel Speaker Laptop Rusak

Berbeda dengan kartu suara, speaker laptop merupakan komponen yang berdiri sendiri. Artinya untuk mengirimkan suara dari sound card ke speaker diperlukan kabel. Jika laptop memiliki dua speaker, kabel penghubungnya juga terbagi menjadi dua yaitu kiri dan kanan. Namun jika salah satu dari keduanya putus, maka bisa menyebabkan speaker laptop mati, entah itu kiri atau kanan.

Loudspeaker Laptop Yang Sudah Rusak

Selain kabel yang berfungsi untuk transmisi suara, kemungkinan lain yang juga menjadi penyebab speaker laptop mati di sebelahnya adalah loudspeaker yang rusak. Loudspeaker sendiri merupakan bagian dari speaker yang bertugas menghasilkan suara melalui getaran. Biasanya loudspeaker terdiri dari rangka logam, magnet, kumparan, dan kertas membran. 

Cara Mengatasi Speaker Laptop Mati Sebelah

Atur Mode Stereo Secara Seimbang

Biasanya settingan ini tidak seimbang. Coba letakkan pengaturan stereo tepat di tengah agar keluaran suara bisa seimbang. Dengan cara ini, speaker laptop Anda akan menghasilkan volume suara yang sama antara kiri dan kanan.

Gunakan Driver Yang Lebih Kompatibel

Jika masalah matinya speaker laptop anda disebabkan oleh driver, sebaiknya segera ganti. Anda dapat mendownload driver sound card laptop yang lebih kompatibel di situs resmi merek laptop Anda. Biasanya setiap merk laptop memiliki website resmi yang menyediakan berbagai kebutuhan penunjang seperti aksesoris dan download driver gratis. Driver yang disediakan dari situs resminya akan lebih kompatibel.

Ganti Kabel Speaker Yang Putus

Jika speaker laptop anda mati penyebabnya adalah kabelnya, maka mau tidak mau laptop anda harus dibongkar terlebih dahulu. Namun jangan khawatir, membongkar laptop tidak seburuk yang Anda bayangkan. Agar lebih aman, Anda bisa meminta bantuan tukang reparasi terpercaya Anda. Mengganti kabel speaker yang rusak tidak memakan waktu lama, mungkin paling lama sekitar satu jam.

Ganti Loudspeaker Dengan Yang Baru

Jika loudspeakernya rusak pasti tidak bisa diservis. Anda harus menggantinya dengan yang baru. Mengganti loudspeaker jauh lebih rumit dibandingkan sekadar mengganti kabel. 

Kami menyarankan Anda meminta bantuan kepada tukang reparasi. Harga loudspeaker baru bervariasi tergantung jenis laptop yang Anda miliki. Harga bukanlah persoalan penting. Masalah speaker laptop mati satu sisi bisa diperbaiki.

Gunakan Speaker Aktif Atau Speaker Eksternal

Solusi terakhir yang pasti berhasil mengatasi masalah speaker laptop mati satu sisi adalah dengan menggunakan speaker aktif atau speaker eksternal. Anda dapat membeli speaker tambahan tersebut dengan cara membelinya di toko komputer, toko elektronik atau membelinya secara online. 

Harganya bervariasi tergantung kualitas suara yang dihasilkan. Semakin bagus kualitas suaranya maka akan semakin mahal pula harganya. Umumnya yang berkualitas bisa Anda dapatkan dengan harga sekitar 300-500 ribuan.

Demikian ulasan tentang Speaker Laptop Mati Sebelah? Berikut Penyebab Dan Cara Mengatasinya seperti yang dilansir slot gacor. Semoga bermanfaat.