Wah, Ternyata Begini Cara Ampuh Menabung Untuk Ibu Rumah Tangga

Wah, Ternyata Begini Cara Ampuh Menabung Untuk Ibu Rumah Tangga
Tabungan | Foto : Ubidate

Ubidate.com - Wajar jika segala kebutuhan dalam kehidupan berumah tangga harus ditanggung bersama oleh suami dan istri. Sebagai pihak yang umumnya menjadi tulang punggung keluarga, pendapatan utama keluarga biasanya berasal dari suami yang bekerja, sedangkan istri cenderung berperan sebagai ibu rumah tangga.

Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa ibu rumah tangga mempunyai peranan yang krusial dalam mengatur keuangan keluarga. Pasalnya, segala kebutuhan keluarga, seperti makan sehari-hari dan membayar tagihan bulanan, seringkali dikelola oleh ibu rumah tangga.

Jika terampil mengatur keuangan bulanan, ibu rumah tangga bisa mencari peluang menabung guna memperbaiki kondisi keuangan keluarga. Nah pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai beberapa cara Menabung Untuk Ibu Rumah Tangga. 

Cara Menabung Untuk Ibu Rumah Tangga

Selalu Catat Arus Kas Tiap Bulan

Hal terpenting yang perlu dilakukan untuk menyisihkan uang sebagai cara menabung bagi ibu rumah tangga adalah memastikan jumlah pengeluaran lebih kecil dibandingkan pendapatan. Oleh karena itu, mencari tahu secara detail mengenai arus kas setiap bulan adalah hal yang wajib Anda lakukan.

Misalnya, catat berapa saja pengeluaran belanja yang dilakukan untuk kebutuhan selama seminggu ke depan. Kemudian, cari tahu jumlahnya dan dijumlahkan selama 4 minggu atau 1 bulan. Jika nilainya lebih kecil dari penghasilan bulanan Anda, berarti Anda mempunyai celah untuk menabung secara rutin.

Sebaliknya, jika ternyata nilai nominalnya selalu sesuai dengan jumlah pendapatan, atau bahkan terkadang lebih besar, Anda harus mencari cara untuk menekan pengeluaran. Beberapa hal yang bisa dilakukan adalah menghentikan pengeluaran yang tidak perlu, beralih ke pasar untuk berbelanja kebutuhan, mengurangi kebiasaan makan di luar, dan lain sebagainya.

Jangan Meremehkan Uang Receh

Selesai berbelanja, tak jarang Anda diberikan uang receh sebagai uang kembalian. Kebanyakan orang sering kali menggunakan uang recehnya untuk membeli barang-barang tak penting, seperti permen atau jajanan murah, atau bahkan menaruhnya sembarangan di sudut rumah.

Nyatanya, uang receh ini bisa menjadi trik rahasia para ibu rumah tangga untuk menabung dan mencapai target keuangan keluarga. Bagaimana bisa? Seiring berjalannya waktu, uang receh yang dihemat cepat atau lambat akan mencapai jumlah yang besar dan dapat digunakan untuk membeli barang-barang yang benar-benar dibutuhkan. 

Siapkan Uang Tabungan Awal Bulan

Gajian menjadi momen yang pastinya ditunggu-tunggu, termasuk para ibu rumah tangga yang bertugas mengatur keuangan keluarga. Namun, tahan dulu keinginan berbelanja di hari gajian dan utamakan menyisihkan tabungan sedini mungkin. Cara ini bisa membantu Anda membiasakan menabung karena dilakukan di awal-awal saat gajian tiba. 

Ketika menunggu setelah memenuhi segala kebutuhan, bukan tidak mungkin sisa gaji terlalu sedikit, atau habis habis dan kebiasaan menabung menjadi gagal. Trik ini cocok bagi Anda yang mudah tergiur untuk berbelanja saat uang di dompet masih ada.

Disiplin Dan Konsisten Menabung

Masih berkaitan dengan cara sebelumnya, usahakan untuk disiplin dan konsisten dalam menabung serta menyisihkan uang dalam tabungan di awal. Saat pertama kali memulai kebiasaan ini, mungkin terasa sulit karena banyaknya godaan untuk bersikap konsumtif.

Namun ingat, niat menabung yang setengah hati seringkali tidak memberikan hasil yang optimal dan berisiko tidak pernah mencapai target finansial. Untuk itu, menanamkan pada diri sendiri sikap disiplin dan konsisten dalam menabung menjadi kunci penting yang harus selalu Anda lakukan.

Sisihkan Sebagian Tabungan Ketika Menang Arisan

Sudah menjadi hal yang lumrah bagi para ibu rumah tangga untuk mengikuti arisan bersama tetangga atau rekan kerja. Selain sebagai kesempatan untuk menjalin silaturahmi, kegiatan tersebut juga memberikan kesempatan untuk memenangkan uang untuk arisan tersebut.

Jadi, ketika Anda mendapat kesempatan ini, jangan langsung dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan Anda yang konsumeris dan impulsif. Sebaiknya, sisihkan sebagian uang hasil arisan tersebut sebagai tabungan agar kondisi keuangan keluarga Anda lebih terjaga atau target keuangan Anda bisa tercapai.

Siapkan Anggaran Belanja Dan Sesuaikan Dengan Kebutuhan

Beberapa dari Anda mungkin memiliki kebiasaan berbelanja harian, mingguan, atau bulanan. Terlepas dari berapa hari Anda berbelanja, pastikan untuk membuat anggaran yang jelas. Jika ingin lebih praktis, Anda bisa menyiapkan anggaran belanja mingguan atau bulanan tergantung kebutuhan. 

Tapi, jika Anda ingin lebih mudah mencatat pengeluaran, tak ada salahnya menerapkan kebiasaan berbelanja sehari-hari. Yang terpenting, usahakan anggaran pengeluaran ini sesuai dengan kebutuhan dan kondisi keuangan Anda, serta mudah dicatat sehingga Anda bisa memantau arus kas dengan akurat. 

Tentukan Pos Keuangan Sesuai Prioritas

Selain menyiapkan anggaran, tentukan juga pos keuangan mana yang harus dipenuhi terlebih dahulu sesuai skala prioritas. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, usahakan Anda memprioritaskan anggaran untuk menabung di awal agar Anda lebih konsisten dan disiplin dalam menjalankannya.

Setelah itu, penuhi terlebih dahulu semua kewajiban wajib seperti cicilan kredit jika ada, dan tagihan bulanan seperti listrik, air, dan internet. Kemudian setelah tagihan bulanan terpenuhi, barulah sisa dana digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan seterusnya. Dengan menentukan daftar pos keuangan dan memenuhinya sesuai prioritas, Anda dapat mengelola keuangan dengan lebih mudah.

Demikian ulasan artikel tentang Wah, Ternyata Begini Cara Ampuh Menabung Untuk Ibu Rumah Tangga seperti yang dilansir slot88. Semoga bermanfaat.