Mengenal Apa Itu Google Trends Beserta Beberapa Manfaatnya

Mengenal Apa Itu Google Trends Beserta Beberapa Manfaatnya
Google Trends | Foto : Media Cirebon 

Ubidate.com - Penasaran bagaimana cara kami mengetahui minat orang-orang di seluruh dunia? Google Trends adalah kunci jawabannya! Melalui platform ini, kita bisa menggali minat masyarakat terhadap topik menarik, peristiwa terkini, bahkan produk yang sedang hangat dibicarakan.

Namun, bagaimana Google Trends mampu menggambarkan perubahan tren dan kebutuhan masyarakat di era digital yang begitu dinamis? Temukan jawabannya di artikel ini, karena kami akan menjelaskan pengertian, cara kerja dan manfaat Google Trends.

Pengertian Google Trends

Google Trends adalah fitur yang membantu pengguna memvisualisasikan dan menemukan tren perilaku penelusuran orang-orang di layanan Google dan YouTube. Ini adalah alat yang sangat berguna ketika meninjau keberhasilan strategi SEO suatu perusahaan. 

Hal ini tidak hanya memungkinkan pengguna melihat topik dan kueri apa yang populer dalam penelusuran, namun juga menyediakan akses ke data yang berisi seberapa sering penelusuran tertentu dilakukan selama jangka waktu tertentu. 

Data yang ada kemudian akan divisualisasikan oleh Google, menghasilkan grafik tren topik yang dicari selama jangka waktu yang Anda pilih, sehingga memungkinkan Anda menganalisis hasilnya secara efisien. Grafik indeks volume pencarian dapat digunakan untuk memvisualisasikan kueri sehingga 5 pencarian berbeda muncul secara bersamaan. Hal ini memungkinkan Anda untuk melakukan analisis dan penelitian komparatif.

Manfaat Penggunaan Google Trends

Mengidentifikasi Trend Terbaru

Fitur pencarian dapat membantu Anda menemukan pencarian terbaru yang sedang tren di seluruh dunia. Anda dapat menemukan tren penelusuran harian dalam 24 jam terakhir dan tren penelusuran real-time yang mengalami lonjakan lalu lintas secara tiba-tiba berdasarkan penelusuran yang sedang tren di Google Berita dan Google Penelusuran.

Memantau Minat Pencarian Dari Waktu Ke Waktu

Google Trends digunakan untuk memantau minat pencarian dari waktu ke waktu melalui topik atau kata kunci tertentu berdasarkan volume pencarian. Selain itu, ini dapat melacak minat penelusuran dari jam sebelumnya hingga 5 tahun terakhir atau membuat rentang waktu khusus berdasarkan tanggal yang Anda pilih. Anda juga dapat membandingkan dua atau lebih istilah penelusuran untuk melihat perubahan minat penelusuran untuk setiap istilah dari waktu ke waktu.

Mencari Topik Tren Berdasarkan Wilayah

Memungkinkan Anda mengurutkan data pencarian berdasarkan negara dan wilayah tertentu. Anda bahkan dapat mempersempit data lebih jauh ke subkawasan, kota, dan wilayah metro tertentu. Tentunya hal ini untuk membantu Anda menyasar audiens yang tepat yang memiliki minat tinggi terhadap produk atau jasa Anda.

Lakukan Riset Kata Kunci

Adalah alat eksplorasi data yang bagus untuk riset kata kunci. Selain itu, Google Trends juga menyediakan daftar pertanyaan terkait untuk setiap istilah. Hal ini tentunya memberikan wawasan tentang pencarian kata kunci populer yang dapat Anda targetkan dengan kampanye berbasis bayar per klik (PPC) dan SEO untuk memanfaatkan minat pengguna yang tinggi.

Memeriksa Posisi Kompetitor

Salah satu fitur populer yang dapat Anda manfaatkan saat menggunakan alat ini adalah memantau pesaing Anda dan mengetahui seberapa baik kinerja mereka untuk penelusuran terkait merek Anda dibandingkan dengan merek perusahaan Anda. Dengan demikian, Anda dapat mulai menganalisis strategi pemasaran bisnis tersebut untuk menemukan cara baru untuk meningkatkan bisnis Anda sendiri.

Mengeksplorasi Perilaku Pengguna Pada Produk Google

Digunakan untuk mengumpulkan data pencarian dari beberapa media sosial. Hal ini memungkinkan Anda memvisualisasikan dan menemukan tren perilaku penelusuran pengguna pada produk Google populer berdasarkan volume penelusuran. Dengan mengetahui topik dan istilah apa yang paling banyak ditelusuri orang di setiap platform Google, Anda dapat menyesuaikan strategi pemasaran untuk setiap layanan.

Mengidentifikasi Musiman Pada Pencarian

Tidak semua topik memiliki tingkat minat penelusuran yang sama sepanjang tahun. Misalnya, pemanas ruangan terutama digunakan selama bulan-bulan musim dingin untuk membantu menjaga kehangatan orang di rumah, kantor, dan apartemen, dan jarang dicari di Google selama musim panas.

Dengan Google Trends, Anda dapat mengidentifikasi tren musiman pada topik tertentu di industri Anda sehingga Anda dapat mengoordinasikan strategi konten seputar istilah penelusuran musiman untuk memaksimalkan laba atas investasi (ROI) selama periode puncak minat.

Bagaimana Cara Kerja Google Trends?

Jika Anda ingin menggunakan fitur ini, maka Anda bisa menulis di mesin pencari yaitu Google Trends. Kemudian ketika Anda berhasil membuka halaman tersebut, Anda bisa memasukkan kata kunci yang ingin Anda ketahui. Nantinya akan ada hasil yang memuat gambaran volume pencarian kata kunci tersebut selama setahun terakhir, namun jangka waktunya dapat disesuaikan dengan periode yang lebih baru.

Google Trends juga menampilkan topik-topik terkait kata kunci sasaran yang dapat digunakan untuk informasi dalam hal penyempurnaan kata dan pemahaman terkait topik yang dicari. Konten tersebut dapat berupa artikel, video, infografis yang mendukung satu gagasan utama. 

Hal ini tidak hanya membantu penelusur menemukan apa yang mereka butuhkan, tetapi juga memberi sinyal kepada Google bahwa Anda ahli di bidangnya. Negara ini dapat berupa negara yang berdasarkan wilayah Indonesia, wilayah metropolitan, atau wilayah tertentu di dunia. Harap dicatat bahwa pembagian ini didasarkan pada persentase populasi.

Demikian ulasan artikel yang kami buat tentang Mengenal Apa Itu Google Trends Beserta Beberapa Manfaatnya seperti yang dilansir slot88. Semoga bermanfaat.