Cara Memilih Tekstur Karpet Lantai Yang Wajib Anda Ketahui

Cara Memilih Tekstur Karpet Lantai Yang Wajib Anda Ketahui
Tekstur Karpet Lantai | Foto : Ubidate

Ubidate.com - Penting bagi Anda untuk memilih Tekstur Karpet Lantai yang tepat dan sesuai dengan tipe ruangan. Tekstur karpet yang sesuai dapat membuat ruangan terasa lebih nyaman dan terlihat lebih indah. Ingin tahu lebih banyak? Yuk simak artikel dibawah ini. 

Cara Memilih Tekstur Karpet Lantai

Ruang Tamu

Untuk tips memilih tekstur karpet lantai pada ruang tamu, sebaiknya gunakan karpet yang berbulu pendek. Tekstur karpet ini memudahkan Anda dalam membersihkan ruang tamu yang sering dilewati orang, seperti noda makanan atau minuman. Anda juga bisa memilih tekstur karpet yang sesuai dengan desain interior ruang tamu Anda. Motif karpet yang direkomendasikan untuk lantai ruang tamu adalah motif yang sederhana.

Dapur

Jenis karpet yang tepat untuk Anda letakkan di lantai dapur adalah karpet yang tahan lama dan tidak mudah rusak meski terkena suhu tinggi. Anda bisa menggunakan tekstur karpet yang lembut, mudah dibersihkan, dan tidak licin. Karpet jenis ini bisa Anda letakkan di area sibuk seperti kompor, wastafel, dan lemari es. Meletakkan karpet pada area ini dapat mencegah lantai cepat rusak karena sering terkena gesekan.

Kamar Tidur

Jenis karpet yang cocok untuk kamar tidur adalah yang bertekstur lembut dan berbulu panjang sehingga saat berada di dalam kamar tidur Anda akan merasa rileks dan nyaman. Menggunakan karpet jenis ini bisa membuat tidur Anda lebih nyenyak karena sentuhan lembut karpet pada kaki Anda.

Kamar Tidur Anak-Anak

Jenis karpet untuk kamar tidur anak berbeda-beda, Anda bisa memilih tekstur karpet yang lembut, berbulu panjang, dan tebal. Anak-anak sering kali memanfaatkan kamar tidur sebagai ruang bermain. Oleh karena itu, karpet dengan bulu yang lebih tebal dapat membuat anak Anda merasa lebih nyaman dan menjadi alas agar anak tidak mudah terluka saat bermain.

Ruang Makan

Anda bisa memilih karpet dengan ukuran dan bentuk yang sama dengan meja makan di rumah Anda. Biasanya ruang makan juga cenderung lebih mudah kotor, sehingga karpet dengan tekstur rambut pendek bisa menjadi solusi agar mudah Anda bersihkan. 

Selain itu, aktivitas memindahkan kursi atau furnitur lainnya juga akan lebih sering dilakukan. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan karpet yang berbulu pendek karena karpet yang berbulu panjang cenderung lebih mudah rusak dan tidak rata jika sering terkena gesekan.

Ruang Keluarga

Ruang keluarga merupakan tempat berkumpul dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Tips memilih tekstur karpet lantai pada ruang keluarga adalah karpet yang panjang, berbulu lebat, dan bertekstur lembut karena Anda akan berlama-lama berada di ruangan ini. Dengan memilih karpet dengan kriteria tersebut, Anda dan keluarga akan merasa lebih nyaman dan betah menghabiskan waktu di ruang keluarga.

Kamar Mandi

Karpet berbahan tenun dan bertekstur keras bisa Anda letakkan di kamar mandi di area yang kering. Karpet tenun berfungsi menyerap cipratan air sehingga lantai kamar mandi tidak terasa licin. Selanjutnya pada area kamar mandi basah, Anda bisa memilih karpet berbahan dasar karet yang memiliki sifat anti slip. Karpet jenis ini berguna untuk menjaga Anda tetap aman saat berjalan.

Ruangan Outdoor

Anda bisa memilih jenis karpet yang warnanya tidak pudar atau mudah berjamur untuk ruangan outdoor. Karpet yang terbuat dari botol daur ulang seperti karpet propilena adalah rekomendasi yang bagus. Karpet jenis ini dikatakan lebih awet meski terkena sinar matahari dan udara lembab dalam waktu lama.

Ruangan Kantor

Tekstur karpet yang tepat untuk ruangan kantor adalah yang berambut pendek, bermotif, dan berwarna netral. Anda bisa memasang karpet lantai untuk ruang kantor dengan menggunakan perekat khusus agar proses pemasangannya lebih mudah dan karpet tidak mudah bergeser.

Ruangan Mobil

Saat memilih karpet mobil, pastikan karpet tersebut terbuat dari bahan yang kuat dan tahan lama. Sebaiknya karpet mobil memiliki tekstur yang lentur dengan ketebalan yang cukup. Anda juga bisa mencocokkan warna karpet dengan interior mobil agar terlihat cantik dan membuat Anda merasa nyaman saat berada di dalam mobil.

Beberapa Tekstur Karpet Lantai

Poliester

Karpet berbahan ini cenderung lebih murah, tahan lama, dan ramah lingkungan. Karpet berbahan polyester cocok jika Anda memiliki anggota keluarga yang rentan mengalami alergi atau asma karena serat pada karpet ini tidak akan memicu reaksi tersebut. Namun permukaan karpet ini meninggalkan bekas jika terbentur benda berat dan mudah terkena minyak sehingga sulit dibersihkan.

Nilon

Bahan yang cukup populer sebagai bahan karpet ini memiliki tekstur yang lembut dan tidak mudah kotor. Selain itu, karpet berbahan nilon cenderung lebih awet karena tidak mudah terkena jamur. Oleh karena itu, karpet jenis ini tidak mudah rusak dan membusuk. Dengan menggunakan bahan nilon membuat karpet mudah dicat dan tidak mudah luntur. 

Wol

Berikutnya adalah karpet berbahan dasar wool yang terbuat dari bahan alami, memiliki tekstur lembut dan tahan lama. Namun karpet wol berkualitas rendah rentan terhadap noda. Sedangkan karpet wol berkualitas tinggi harganya sangat mahal. Bahan wol sangat baik untuk orang yang sensitif atau alergi terhadap bahan kimia. Namun jika Anda memiliki rumah yang lembap, karpet dengan bahan tersebut tidak disarankan. 

Demikian ulasan artikel tentang Cara Memilih Tekstur Karpet Lantai Yang Wajib Anda Ketahui seperti yang dilansir toto macau 4d. Semoga bermanfaat.