Beberapa Alasan Mengapa Monitor Melengkung Begitu Mahal

Beberapa Alasan Mengapa Monitor Melengkung Begitu Mahal
Komputer Melengkung | Foto : Ubidate

Ubidate.com - Gamer dan penggemar film yang ingin mendapatkan pengalaman hiburan yang jauh lebih mendalam tentunya sudah membeli monitor melengkung. Monitor melengkung, seperti namanya, melengkung di ujungnya, seolah melingkari Anda. Namun, membeli alat semacam ini tidak murah bagi sebagian orang.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa Monitor Melengkung begitu mahal:

Resolusi Tinggi

Banyak monitor melengkung juga fokus pada penyediaan resolusi tinggi. Resolusi mengacu pada jumlah piksel pada layar. Semakin banyak piksel yang dimiliki layar, semakin baik definisi visual di layar. Dulu, monitor 1080p adalah yang paling populer. Pada saat itu, ini adalah jumlah piksel tertinggi yang dapat ditampilkan oleh monitor. 4K kemudian menggantikan monitor 1080p. Pada Ssaat ini, beberapa monitor bahkan mulai menawarkan resolusi 8K. Semakin banyak jumlah piksel, semakin baik kualitas gambarnya.

Namun, pembuatan monitor resolusi tinggi ini cukup mahal. Ini membutuhkan teknik dan manufaktur. Karena biaya produksi monitornya mahal, harga monitor juga mahal. Monitor melengkung ini sudah menjadi produk khusus. Teknologi ini belum begitu menarik. Oleh karena itu, jika monitor melengkung menawarkan resolusi 4K atau 8K, maka ceruknya akan berlipat ganda. Ini mengiklankan dirinya sendiri di antara audiens target yang lebih kecil, yaitu mereka yang memiliki minat khusus pada kualitas gambar. 

Mereka mungkin adalah para gamer, profesional, atau orang-orang yang menganggap serius menonton film atau TV. Resolusi tinggi meningkatkan nilai monitor bagi orang-orang ini. Karena memiliki nilai yang lebih tinggi bagi mereka, mereka cenderung bersedia membayar lebih untuk produk tersebut. Monitor melengkung ini memiliki harga yang cukup mahal karena beberapa di antaranya memiliki resolusi tinggi.

Penyesuaian Rasio Aspek

Karena monitor melengkung bukanlah bidang datar, rasio aspek padanya sedikit berbeda. Untuk waktu yang lama, rasio aspek standar adalah 4:3. Ini mengacu pada rasio aspek layar penuh. Namun, seiring dengan beralihnya teknologi ke TV definisi tinggi, rasio aspek berubah. Sekarang, 16:9 adalah rasio aspek standar untuk layar. Ini biasanya disebut sebagai “layar lebar.” Monitor melengkung tidak menggunakan rasio aspek 16:9 seperti monitor biasa umumnya. Paling tidak, mereka ini tidak boleh menggunakannya.

Apa Saja Alasan Mengapa Monitor Melengkung Begitu Mahal?

Selain itu, Anda mungkin juga akan segera menemukan beberapa tipe monitor melengkung yang jauh lebih murah yang menggunakan rasio aspek 16:9. Masalah rasio aspek 16:9 pada monitor melengkung adalah gambarnya melebar. Meskipun rasio 16:9 mungkin tampak cocok dengan monitor melengkung, namun kenyataannya tidak demikian. Monitor melengkung lebih dari sekadar layar lebar. Ini layar ultra lebar jika ada. Dengan demikian, maka monitor tipe melengkung sebenarnya memiliki rasio aspek 21:9.

Jumlah Port

Jumlah port yang dimiliki monitor melengkung juga dapat meningkatkan harganya. Port penting pada monitor menentukan jenis sistem apa yang dapat terhubung. Beberapa sistem khsusus , seperti Mac, memerlukan koneksi tertentu. Jika monitor tidak memiliki port untuk koneksi, pengguna tidak dapat menggunakan Mac mereka dengan monitor tersebut. Alasan mengapa tidak setiap monitor memiliki semua port yang dapat dibayangkan adalah karena pembuatannya membutuhkan lebih banyak uang.

Pabrikan harus membuat setiap port satu per satu dan memastikan port berfungsi. Hal ini menambah banyak waktu pada proses produksi yang berarti biaya lebih tinggi. Monitor melengkung cenderung mendukung berbagai port. Pabrikan mencoba membuat monitor mereka tersedia untuk semua jenis perangkat berbeda. Namun, karena memiliki jumlah port yang lebih banyak, biaya pembuatan monitor melengkung juga lebih mahal. Monitor melengkung mahal karena biasanya memiliki lebih banyak port.

Nama Merek

Nama merek yang melekat pada monitor lengkung juga dapat mempengaruhi harganya. Bicara soal elektronik, ada beberapa merek yang terkenal. Samsung, Sony, dan Asus adalah merek terkemuka di industri ini. Membeli monitor lengkung dari salah satu merek ini berarti Anda juga akan menghabiskan jauh lebih banyak uang. Hal ini karena perusahaan-perusahaan ini telah menghabiskan banyak waktu untuk mendapatkan reputasi dalam menghasilkan produk berkualitas tinggi dan juga dapat diandalkan.

Pada saat membeli barang elektronik, perlu diketahui juga bahwa akan ada unsur kepercayaan antara pembeli dan merek. Barang elektronik biasanya tidak murah untuk dibeli. Oleh karena itu, pembeli juga perlu untuk yakin bahwa produk yang mereka terima ini akan bernilai uang. Nama merek yang telah menghasilkan produk berkualitas tinggi dari waktu ke waktu dapat menawarkan kepercayaan tersebut. 

Karena hal ini memberikan ketenangan pikiran, hal ini juga berarti bahwa nama-nama merek dapat lolos dari penetapan harga yang lebih tinggi pada produk mereka. Pembeli cenderung bersedia mengeluarkan jauh lebih banyak uang untuk suatu produk jika produk tersebut berasal dari nama merek karena risiko finansialnya lebih kecil. Monitor Melengkung ini berharga mahal jika berasal dari merek yang terkenal.

Demikian ulasan tentang Beberapa Alasan Mengapa Monitor Melengkung Begitu Mahal seperti yang dilansir slot, semoga bermanfaat.