Mengenal Lebih Jauh Apa itu RMB di Keyboard

Mengenal Lebih Jauh Apa itu RMB di Keyboard
RMB Keywoard | Foto : Ubidate

Ubidate.com - Apakah Anda sedang mencoba untuk mempelajari cara memainkan game baru Anda saat Anda melihat pesan, “press RMB on the keyboard”?. Namun, tidak ada tombol lainnya pada keyboard yang berlabel “RMB.” Bisakah Anda mereplikasinya dengan tombol lain? Lalu spa saja hal yang dilakukan oleh RMB ini?

Apa itu RMB di Keyboard?


RMB (Right Mouse Button) pada keyboard merupakan tombol yang menggantikan tombol klik kanan pada mouse. Ini memiliki fungsi yang sama dengan tombol klik kanan dan terletak di baris paling bawah pada keyboard. Anda mungkin tidak menemukannya di semua keyboard laptop atau komputer desktop. 

Namun, jika keyboard Anda memiliki tombol RMB, fungsinya sama seperti semua keyboard lainnya, apa pun mereknya. Meskipun demikian, tombol RMB dapat memiliki bentuk berbeda di berbagai merek. Jika tidak ada tombol RMB di keyboard, Anda dapat menggunakan tombol lainnya untuk fungsi yang sama.

Apa Tujuan RMB Pada Keyboard?


Tombol RMB ini sendiri adalah salah satu tombol klik kanan pada mouse dengan fungsi yang sama persis. Satu-satunya perbedaannya adalah RMB ada di keyboard Anda. Anda mungkin akan bertanya-tanya mengapa Anda harus memiliki tombol berlebihan ini di keyboard Anda ketika Anda sudah memiliki mouse. Namun, ini juga adalah opsi berguna yang ditambahkan oleh produsen karena alasan berikut ini:

Menggantikan Mouse


Tidak setiap pengguna memiliki akses ke mouse pada setiap saat. Anda mungkin mengalami situasi ketika Anda lupa mouse atau mouse berhenti bekerja. Keyboard Anda juga akan segera membantu Anda untuk menyelesaikan tugas hingga Anda telah mendapatkan mouse baru. Anda dapat menggunakan tombol panah untuk menavigasi ke atas dan ke bawah dan tombol RMB untuk mengklik kanan item ini.

Meningkatkan Produktivitas


Meskipun mouse ini dapat membuat navigasi di desktop Anda menjadi mudah, tidak semua pengguna menyukai mouse. Saat mengetik, beberapa pengguna lebih memilih untuk tetap meletakkan jari mereka di atas keyboard tanpa harus bolak-balik antara mouse dan keyboard. Tetap menggunakan keyboard membantu mereka meningkatkan kecepatan dan juga produktivitas. Itu adalah alasan mengapa tombol memiliki fungsi berbeda atau kita memiliki kombinasi tombol pada keyboard untuk tujuan yang berbeda.

Bagaimana Cara Mengenal Lebih Jauh Apa itu RMB di Keyboard?


Dimana Letak Tombol RMB Pada Keyboard?


Mengetahui lokasi tombol RMB yang ada di keyboard Anda adalah salah satu hal yang sangat penting untuk diri Anda sendiri. Meskipun Anda sangat sering menggunakan mouse, namun Anda mungkin terjebak dalam situasi yang mengharuskan penggunaan fungsi pada keyboard. Tergantung pada desain keyboardnya, Anda dapat menemukan RMB khusus dengan cukup mudah karena diberi label demikian. 

Selain itu, Anda harus menemukan tombol kiri mouse (LMB) di dekat RMB karena jika keyboard Anda memilikinya, pasti ada yang lain juga. Kebanyakan tombol RMB terletak di baris terbawah, dekat tombol Ctrl atau spasi. Intinya tidak semua keyboard memiliki tombol RMB khusus yang dapat Anda temukan dan tekan dengan mudah. Inilah cara Anda dapat menemukan tombol RMB di komputer yang berbeda.

Laptop


Tombol RMB ini sendiri adalah fitur keyboard komputer karena sebagian besar laptop memiliki tombol untuk fungsi ini. Touchpad berfungsi seperti mouse, memungkinkan Anda menavigasi desktop dengan menggerakkan jari Anda di atasnya. Jika laptop Anda memiliki touchpad, tombol kiri dan kanan mouse berada di samping atau di bawahnya. Penempatan RMB dan LMB bergantung pada desain keyboard. Tombol-tombolnya ini memiliki desain yang jelas untuk membantu Anda mengenalinya dengan mudah.

Mereka bahkan mungkin memiliki pencahayaan RGB pada bagian bawahnya, seperti kebanyakan laptop gaming yang ada pada saat ini. Dalam kasus lainnya, tombol kiri dan kanan mouse lebih halus, dan Anda dapat merasakannya saat menekan sisi kiri dan kanan touchpad. Bagaimanapun, tombol ini sulit untuk dilewatkan, karena laptop mana pun dengan touchpad ini harus memiliki tombol kanan dan kiri mouse.

Mouse Button Settings


Windows

Ini adalah salah satu fitur yang memungkinkan Anda menggunakan papan tombol angka sebagai mouse. 

  • Untuk mengakses pengaturan ini, klik kanan tombol Start untuk membuka Settings.

  • Buka Kemudahan Akses dan pilih Mouse.

  • Gerakkan tombol switch di bawah Kontrol mouse Anda dengan papan tombol untuk mengaktifkan opsi.

  • Sekarang, Anda dapat menggunakan Numpad Anda untuk fungsi ini.

  • Tekan tombol “minus” dan “5” untuk mengklik kanan documents, files, atau apa pun di layar.

macOS


  • Pengaturan yang sama tersedia di macOS. 

  • Anda dapat mengaksesnya melalui System Preferences di menu Apple.

  • Lalu buka Universal Access Panel dan pilih tab Mouse.

  • Nyalakan Mouse Buttons dan sesuaikan pengaturan untuk memilih fungsi tombol.

  • RMB diaktifkan dengan menekan Ctrl dan M atau Ctrl + 0.

Demikian ulasan tentang Mengenal Lebih Jauh Apa itu RMB di Keyboard seperti yang dilansir bandar alexistogel, Semoga bermanfaat.