Alasan Kenapa Anda Perlu Melakukan Delidding Pada PC Anda

Alasan Kenapa Anda Perlu Melakukan Delidding Pada PC Anda
Delidding PC | Foto : Media Cirebon 

Ubidate - Mungkin Anda pernah melihat video atau membaca artikel di forum tentang pemilik PC yang melakukan “delidding” pada prosesornya agar bekerja pada suhu yang jauh lebih dingin. Prosesnya sendiri melibatkan pelepasan integrated heat spreader (IHS) atau “Central Processing Unit ” CPU , lalu membersihkan pasta termal paste, mengoleskan termal paste baru, dan bisa memasang kembali IHS.

Baik digunakan untuk tujuan overclocking atau untuk kesehatan dan umur prosesor, beberapa pengguna bersumpah dengan melakukan delidding, mengklaim suhu turun sebanyak 20° Celsius. Dengan risiko dan kesulitan yang terkait dengan prosedur ini, apakah delidding memang benar-benar layak dilakukan?

CPU Anda Akan Berjalan Lebih Dingin


Prosesor yang dikelola dengan baik akan bekerja jauh lebih dingin daripada CPU bawaan. Lalu mengapa bisa demikian? Senyawa termal paste yang dipasang antara CPU dan IHS pada sebagian besar prosesor pabrik harganya murah dan hampir tidak memadai, karena hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan. Dengan melepas penutupnya, membersihkan pasta pabrik, dan menggantinya dengan senyawa logam cair berkualitas tinggi, sistem Anda ini akan lebih efisien dalam membuang panas dari CPU dengan baik.

Seberapa besar perbedaan yang dihasilkannya? Salah satu seorang ahli telah menyatakan bahwa delidding yang tepat akan mengurangi suhu CPU puncak sebesar 15° hingga 25°C. Hasilnya juga akan sangat bervariasi karena ada beberapa prosesor yang bekerja jauh lebih panas jika dibandingkan dengan prosesor yang lainnya, namun penurunan 5 hingga 15 derajat adalah kisaran suhu yang cukup realistis.

Delidding Dapat Memfasilitasi Overclocking


Beberapa pendukung terbesar delidding adalah overclocker. Saat meningkatkan jam pada CPU, termal paste sangat penting sekali. Bahkan perubahan suhu beberapa derajat lebih dingin dapat menyebabkan perbedaan antara CPU yang stabil dan CPU yang terlalu panas. Bagi mereka yang suka mendorong prosesor mereka secara ekstrem, delidding ini adalah trik lain yang bisa dilakukan oleh para overclocker.

Banyak pemilik PC yang menggunakan liquid cooling untuk menghilangkan panas dengan cepat. Namun, membangun pertukaran panas yang efektif antara CPU dan IHS penting untuk pembuangan panas karena cetakan prosesor adalah sumber utama panas. Anda dapat memiliki pendingin CPU terbaik di dunia, namun jika koneksi IHS tidak baik, prosesor Anda akan bekerja lebih panas dari yang seharusnya.

Delidding Dapat Memperpanjang Umur Prosesor Anda


Untuk CPU yang cenderung panas, delidding dapat membuat prosesor bekerja lebih lama. Secara umum, prosesor modern cukup stabil. Meskipun demikian, menggunakan PC pada suhu yang lebih dingin selalu merupakan hal yang sangat baik untuk sebuah CPU, dan beberapa prosesor yang ada di pasaran cenderung berjalan dengan suhu yang lebih panas jika dibandingkan dengan yang lain karena desain yang tidak efisien atau silikon yang dikemas lebih padat yang dibuat dengan proses yang jauh lebih kecil.

Dengan asumsi Anda tidak memaksakan CPU hingga mencapai batasnya atau bereksperimen dengan voltase atau melakukan overclock secara berlebihan, prosesor Anda sebenarnya akan bertahan lebih lama setelah penghapusan berhasil karena suhu keseluruhannya akan tetap lebih rendah. Menjalankan CPU pada suhu di atas 80°C dalam jangka waktu lama dapat menimbulkan dampak negatif yang signifikan terhadap masa pakai prosesor. Delidding ini membantu mencegah terjadinya panas berlebih.

Anda Dapat Menggunakan Casing PC yang Lebih Kecil


Dengan peningkatan efisiensi pada proses pendinginan, maka Anda akan dapat menjejalkan CPU yang telah dipisahkan ke dalam casing PC yang lebih kecil daripada yang dapat Anda gunakan sebaliknya. Casing yang memiliki ukuran lebih kecil mungkin memiliki fungsi pendinginan yang kurang ideal. Desain minimalis mengurangi ruang yang tersedia untuk kipas dan heatsink, sehingga dengan melepas CPU nya. 

Selain itu, Anda juga dapat membuat prosesor PC agar bekerja dengan suhu lebih dingin tanpa harus mengorbankan faktor bentuk mini ITX yang Anda inginkan. Baik Anda sedang merakit PC media untuk pusat hiburan Anda, atau hanya membutuhkan ukuran yang lebih kecil, delidding dapat membantu memastikan prosesor Anda bekerja sedingin mungkin meskipun ada potensi keterbatasan faktor bentuk.

Anda Dapat Menjalankan PC Anda Di Lingkungan yang Lebih Panas


Mirip dengan beberapa hal seperti di atas, delidding adalah salah satu hal penting yang membantu jika Anda harus menjalankan PC di lingkungan yang lebih panas. Mungkin Anda memiliki toko komputer dengan AC yang buruk atau tanpa AC, jadi Anda akan sangat memerlukan segala keuntungan yang ada. 

Mengurangi suhu CPU pada PC dengan melakukan delidding ini dapat membuat perbedaan. Anda masih memerlukan elemen pendingin eksternal terbaik seperti pasta, unit pendingin, dan kipas (jika Anda tidak menggunakan pendingin cair), tetapi delidding adalah salah satu elemen yang perlu dipertimb angkan.

Demikian ulasan tentang Alasan Kenapa Anda Perlu Melakukan Delidding Pada PC Anda seperti yang dilansir slot gacor, semoga bermanfaat.