Penyebab dan Perbaikan Saat PC Terus Restart Sebelum BIOS

Penyebab dan Perbaikan Saat PC Terus Restart Sebelum BIOS
PC Restar Sendiri | Foto : Ubidate

Ubidate.com - Terakhir kali Anda menggunakan PC, semuanya baik-baik saja. Sekarang, setelah Anda menekan tombol daya, kipas berputar selama beberapa detik, tetapi tidak ada yang muncul di layar. Kemudian PC mati dan langsung hidup kembali. Anda belum pernah melihat hal seperti ini sebelumnya. Jadi Anda tidak tahu harus berbuat apa selain panik. Untungnya, kita siap membantu memperbaiki masalah tersebut.

Penyebab dan Perbaikan Saat PC Terus-Menerus Restart Sebelum BIOS


Jika PC restart sebelum menampilkan logo Windows, Anda mengalami masalah pada perangkat keras. Kemungkinan besar penyebabnya adalah karena power supply. Penyebab potensial lainnya termasuk GPU yang rusak, CPU tidak terpasang dengan baik, ataupun juga pengaturan BIOS yang sudah rusak. 

Terakhir, Anda juga harus memeriksa motherboard milik Anda jika Anda mengesampingkan komponen lainnya. Meskipun panas berlebih dapat menyebabkan perilaku pengaktifan yang aneh, kemungkinan besar hal ini tidak terjadi karena CPU tidak memiliki beban yang cukup berat untuk menghasilkan panas.

  • Solusi utamanya adalah mengeluarkan semuanya dari casing, hanya menyisakan PSU, satu batang RAM, CPU, dan motherboard.

  • Jika Anda masuk ke layar BIOS dengan pengaturan ini, Anda dapat menambahkan bagian Anda satu per satu dimulai dengan penyimpanan.

  • Dengan cara ini, Anda dapat mengidentifikasi pelakunya dan memperbaikinya.

  • Di sisi lain, jika layar BIOS masih tidak muncul pada rig bare-bone, Anda harus mencari suku cadang dan menguji komponen Anda satu per satu. Kabar baiknya adalah Anda mungkin tidak perlu mengambil tindakan ekstrem untuk mengetahui penyebabnya.

Cara Melakukan Triase Pada PC Dengan Reboot Loop


Masalah dapat membuat komputer terjebak dalam putaran boot ulang. Untuk menghindari membuang-buang waktu, Anda harus menjawab tiga pertanyaan. Yang pertama adalah yang paling penting saat ini.

Apakah Anda Mendengar Bunyi POST?


Power -On Self Test (POST) adalah rangkaian pemeriksaan yang memvalidasi kompatibilitas dan koneksi perangkat keras. Jika komponennya sehat dan mampu berkomunikasi, Anda akan mendengar bunyi bip singkat. Jika tidak, motherboard mengeluarkan bunyi bip yang lebih panjang atau rangkaian bunyi bip pendek dan panjang. Setiap suara memiliki arti tertentu tergantung pada versi BIOS dan pabrikan Anda.

Jika Anda tahu apa yang harus didengarkan ini, Anda tidak harus memeriksa RAM, GPU, dll. Anda cukup mencabut keyboard, dan PC akan boot. Kita menyarankan untuk mempelajari lebih lanjut tentang kode bip dalam panduan lengkap kita sehingga Anda juga dapat memecahkan masalah Anda dengan mudah.

Apakah Anda Melihat Layar POST?


Layar POST menampilkan detail hasil POST, termasuk kondisi RAM dan pengontrol USB. Jika Anda telah melihat layar tersebut, bacalah semua informasi untuk mengetahui apakah Anda dapat mengidentifikasi penyebabnya. Situasi akan menjadi rumit jika tidak dapat melihat layar karena informasi diagnostik yang perlu digunakan lebih sedikit. Sebaliknya, jika Anda hanya melihat layar hitam, ada dua kemungkinan ini:

  • Tidak ada apa pun untuk ditampilkan : Motherboard menjadi penyebab paling mungkin.

  • Komputer tidak dapat menampilkan informasi : GPU adalah tersangka utama.

Apakah Mouse dan Keyboard Anda Menyala?


Jika lampu indikator pada mouse dan keyboard menyala, setidaknya sebagian motherboard ini baik-baik saja. Perbaikannya adalah melepaskan semua periferal dan memulai ulang komputer Anda. Jika masalah hilang, berarti pengontrol USB Anda bermasalah, dan pembaruan BIOS atau firmware dapat diperbaiki. 

Jika Anda menjawab tidak pada semua pertanyaan pada sebelumnya, sangat sulit untuk mengetahui komponen mana yang telah rusak sebelumnya. Kita mencantumkan beberapa penyebab utamanya. Kita akan segera mulai dengan penyebab yang paling mungkin dan beralih ke penyebab yang jarang terjadi.

Unit Power Supply


PSU ini sendiri adalah salah satu komponen yang cukup rumit. Transistor ataupun kapasitor yang sudah rusak dapat merusak sistem pada PC Anda. Hanya karena kipas PSU berputar setelah Anda menyalakan komputer, maka Anda tidak dapat mengesampingkan kemungkinan penyebabnya. Ini mungkin juga akan mengirimkan terlalu banyak atau terlalu sedikit tegangan kedalam motherboard, CPU, atau kartu PCI ini.

Instal PSU Lain


  • Cara termudah untuk mengesampingkan PSU Anda adalah dengan menggantinya dengan yang berfungsi.

  • Pastikan PSU baru dapat menyediakan jumlah watt yang diperlukan untuk sistem Anda; jika tidak, Anda tidak dapat memecahkan masalah Anda.

  • Itu juga harus memiliki jumlah konektor 16-pin, 8-pin, dan 4-pin yang tepat untuk memberi daya pada semua komponen Anda.

  • Jika PC Anda menyala setelah memasang PSU baru, Anda perlu mengganti PSU Anda secara permanen.

  • Seorang teknisi dapat menentukan komponen pasti yang menyebabkan masalah menggunakan voltmeter.

  • Mereka mungkin dapat mengganti komponen tersebut, namun memperbaiki PSU bukanlah hal yang bijaksana karena akan meningkatkan risiko lonjakan daya dan perilaku daya yang tidak dapat diprediksi pada PC Anda.

Demikian ulasan tentang Penyebab dan Perbaikan Saat PC Terus Restart Sebelum BIOS seperti yang dilansir slot gacor, semoga bermanfaat.