Apa Saja Faktor Penyebab Besi Berkarat? Simak Ulasannya Sekarang Juga

Apa Saja Faktor Penyebab Besi Berkarat? Simak Ulasannya Sekarang Juga
Penyebab Besi Berkarat | Foto : Media Cirebon 

Ubidate.com - Anda pasti pernah melihat besi gagang pintu yang mulai terkikis dan berubah warna menjadi coklat kemerahan. Nah, itu tandanya besi mulai berkarat. Besi merupakan salah satu material logam yang mudah berkarat. 

Lantas, apa saja Penyebab Besi Berkarat? Pada dasarnya proses terjadinya karat ini terbentuk dari berbagai faktor di dalamnya. Ingin tahu faktor apa saja yang dapat mempengaruhinya? Yuk baca artikelnya sampai selesai.

Proses Terjadinya Besi Berkarat


Besi berkarat ini terjadi karena reaksi kimia antara besi dengan oksigen dan air. Pada hakikatnya penyebab terjadinya karat pada besi adalah karena adanya reaksi redoks (reduksi dan oksidasi) yang tidak diinginkan. Lantas, bagaimana besi bisa berkarat? Jika air menyentuh besi, air tersebut akan bercampur dengan karbon di udara. Jadi, asam karbonat terbentuk. Asam karbonat menyebabkan besi dalam logam larut. 

Sementara itu, air mulai terurai menjadi berbagai komponen, yaitu hidrogen dan oksigen. Kedua komponen ini akan bercampur dengan atom besi. Proses itulah yang menyebabkan besi berkarat atau terkorosi. Umumnya besi yang terkena udara dan air di luar ruangan akan lebih mudah berkarat dibandingkan besi yang tidak terkena air dan udara.

Terkadang jika peralatan anda yang terbuat dari besi tidak dirawat dengan baik maka akan berubah warna menjadi coklat kemerahan. Namun ternyata ada juga karat besi berwarna hijau. Hal ini terjadi ketika besi terkena zat klorida. 

Faktor Penyebab Besi Berkarat


Faktor Udara Dan Air


Hal ini disebabkan karena kandungan karbon pada besi tidak merata sehingga terjadi perbedaan potensial listrik antara atom logam dan atom karbon. Jika air terkena zat besi, maka oksigen dari udara akan larut ke dalam air. Nah, semakin tinggi jumlah air dan udara yang tercampur dengan besi, maka semakin cepat juga terjadinya korosi.

Elektrolit


Salah satu media yang baik untuk transfer muatan adalah menggunakan asam atau garam, biasanya disebut elektrolit. Tak heran jika elektron lebih mudah terikat oleh oksigen di udara. Misalnya saja kandungan air hujan bersifat asam dan air laut bersifat garam. Keduanya akan menimbulkan karat pada besi.

Kelembaban


Suhu udara menjadi salah satu faktor penyebab besi berkarat. Semakin tinggi suhu udara, semakin besar energi kinetik partikelnya. Tentu saja proses oksidasi besi akan meningkat dan korosi akan terjadi lebih cepat.

Zat Pengotor


Salah satu penyebab terjadinya karat pada besi adalah adanya pengotor. Seperti cairan, debu, dan lain-lain. Pengotor menyebabkan reduksi tambahan, sehingga lebih banyak logam yang teroksidasi. Misalnya tumpukan debu karbon sisa pembakaran bahan bakar. Reaksi reduksi pada permukaan logam juga bisa membuat korosi.

Kadar pH


Selain elektrolit, kadar pH juga dapat membuat besi mudah berkarat dan rapuh. Jika kandungan pH asam <7, reaksi reduksi tambahan dapat terjadi di kutub elektroda. Hal ini dapat menyebabkan lebih banyak atom yang teroksidasi dan mempercepat korosi pada besi atau logam.

Tips Mencegah Terjadinya Korosi


Lakukan Perawatan Rutin Pada Besi


Setelah itu, agar besi tetap terawat, maka sangat penting untuk melakukan perawatan rutin pada kendaraan, peralatan mesin, dan peralatan dapur. Usahakan untuk membersihkannya secara rutin untuk mencegah kotoran atau partikel lain yang memicu karat pada besi.

Menjaga Permukaan Besi Agar Tetap Kering


Salah satu tips mencegah korosi adalah dengan menjaga permukaan besi tetap kering. Jika Anda akan membersihkan peralatan besi, lakukan secara rutin. Pastikan tidak ada kotoran atau partikel lain yang menempel pada permukaan besi. Setelah itu bersihkan hingga kering dan simpan di tempat yang tidak lembap. Dan carilah tempat yang tertutup dan hindari tempat yang terkena udara langsung.

Gunakan Pelumas Anti Karat


Salah satu cara efektif untuk mencegah faktor penyebab besi berkarat adalah dengan menggunakan pelumas pada lapisan pelindung permukaannya. Hal ini dapat mencegah kontak langsung dengan suhu kelembaban untuk menghindari kemungkinan terjadinya korosi.

Gunakan Pelindung Anodik


Pelindung anodik yang efektif adalah aluminium foil. Ini efektif jika permukaan besi disambung dengan logam jenis lain. Fungsinya untuk menghindari reaksi kimia antara besi dengan logam lain yang dapat mempercepat korosi.

Teknik Pelapisan Galvanisasi


Ini adalah teknik melapisi besi dengan lapisan seng. Tujuannya sebagai penahan dan perlindungan yang kuat terhadap karat. Caranya adalah dengan menyemprot atau merendam besi dalam cairan seng. Sehingga mampu bertahan pada kondisi lingkungan yang buruk. Sehingga setrika akan mendapat perlindungan jangka panjang.

Hindari Goresan Pada Besi


Lecet sedikit saja pada permukaan setrika dapat menyebabkan setrika berkarat. Agar setrika tidak tergores, Anda bisa menggunakan penutup. Hal ini akan mencegah kondisi penyimpanan yang rawan karat dan berpotensi merusak permukaan besi.

Penggunaan VCI


Perlindungan VCI (Vapor Corrosion Inhibitor) merupakan salah satu cara untuk mencegah penyebab karat pada besi. Merupakan salah satu jenis senyawa kimia yang berfungsi sebagai pelindung logam besi dan non besi dari karat. Tentu saja VCI aman dari korosi dan penggunaannya tidak memerlukan pelumas, oli, dll.

Ion VCI akan membentuk lapisan pelindung pada permukaan logam yang menggantikan kelembapan dan dapat menghilangkan karat. Caranya adalah dengan menjaganya tetap bersih dan kering.

Demikian ulasan tentang Apa Saja Faktor Penyebab Besi Berkarat? Simak Ulasannya Sekarang Juga seperti yang dilansir alexistogel. Semoga bermanfaat.