Anda Bingung Dengan Perbedaan Besi Dan Baja? Simak Penjelasannya

Anda Bingung Dengan Perbedaan Besi Dan Baja? Simak Penjelasannya
Besi Baja | Foto : Media Cirebon 

Ubidate.com - Sekilas besi dan baja hampir sama. Namun jika dicermati lebih dalam, ada beberapa Perbedaan Besi Dan Baja. Mulai dari bahannya, bahan bangunannya hingga harganya juga berbeda-beda.

Agar tidak salah paham, pahami perbedaan kedua benda ini. Anda juga dapat mengetahui alasan di balik konstruktor menggunakan benda-benda tersebut saat membangun rumah atau bangunan. Jadi, bacalah bacaan di bawah ini.

Perbedaan Besi Dan Baja

Kedua benda ini sangat terkenal dalam dunia pembangunan. Bahan ini sangat kokoh sehingga digunakan pada berbagai bangunan bertingkat, rumah dan konstruksi kendaraan. Berikut beberapa perbedaan besi dan baja, yaitu:

Material Pembentuk

Tahukah kamu kalau bahan ada yang terbuat dari proses alami dan buatan lho! Proses alami adalah proses dimana bahan pembuatannya secara alami ada di alam. Sedangkan pada proses buatan, Anda mencampurkannya terlebih dahulu dengan bahan lain hingga menghasilkan sesuatu yang diinginkan. Besi merupakan salah satu contoh material yang terjadi karena proses alam. 

Jika anda masih ingat pelajaran kimia kelas X. Dalam ilmu kimia, besi dikenal dengan unsur ferum atau Fe. Bahan ini terbuat dari bijih besi yang bisa Anda ambil dari tambang dan kemudian diolah. Jika tidak segera diolah, zat besi akan bereaksi dengan oksigen di udara. Hal ini menghasilkan proses yang disebut karat. Sedangkan baja merupakan bahan buatan yang terbuat dari berbagai unsur. 

Unsur-unsur penyusun baja antara lain besi, karbon, mangan, fosfor, belerang, silikon, aluminium, nitrogen, dan oksigen. Elemen-elemen ini dicampur dan kemudian diolah menjadi baja. Oleh karena itu, baja memiliki kelebihan dan kekuatan yang berbeda dengan besi. Bahan untuk membuat baja sangatlah banyak, sehingga tidak heran jika baja lebih berat dibandingkan besi jika dipegang.

Penggunaan Besi Dan Baja

Tahukah Anda kalau besi dan baja mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari? Besi merupakan salah satu material yang sering digunakan dalam bidang konstruksi, mesin kendaraan dan peralatan dapur. Besi yang digunakan pada peralatan rumah tangga berbahan stainless steel. 

Bahan ini mempunyai kelemahan yaitu mudah berkarat. Oleh karena itu, Anda wajib mengetahui cara menghilangkan karat pada besi. Untuk melakukan ini, Anda perlu menggabungkan asam sitrat dengan garam yang bersifat abrasif. Cara ini bisa menghilangkan noda karat kecil dengan mudah.

Anda bisa melapisi bagian yang berkarat dengan garam. Kemudian tambahkan jus lemon di atas garam. Tunggu selama dua jam hingga reaksi antara lemon dan garam selesai. Nah, peralatan dapur tersebut kembali seperti semula dan bertahan lebih lama. Sedangkan baja digunakan dalam pembuatan mobil, kereta api, dan relnya. Konstruksi jalan dan jembatan juga menggunakan baja sebagai rangkanya sehingga tahan lama.

Perbedaan Kekuatan

Perbedaan besi dan baja selanjutnya terletak pada kekuatannya. Berdasarkan tingkat kekuatan kedua material ini, terlihat jelas bahwa baja memiliki kekuatan yang lebih kuat dibandingkan besi. Faktanya, kekuatannya bisa seribu kali lebih kuat.

Penjelasan tersebut didasari oleh kandungan baja yang lebih banyak dibandingkan besi, padahal sama-sama mengandung karbon. Selain itu besi mempunyai elastisitas yang lebih tinggi dibandingkan baja. Oleh karena itu, baja menjadi lebih kaku saat dipegang.

Temperatur Peleburan 

Perbedaan baja dan besi juga bisa Anda lihat dari suhu peleburan kedua bahan tersebut. Saat melebur baja, diperlukan suhu di atas 15.500 derajat Celcius. Sedangkan suhu peleburan besi adalah 1.300-14.000 derajat Celcius. Perbedaan ini terlihat sangat jelas dari percikan api saat bahan ini digiling. 

Percikan api pada bilahnya lebih kecil dibandingkan pada besi. Percikan ini berguna bagi anda yang ingin mengetahui komposisi karbon pada suatu logam. Semakin banyak logam yang dikandungnya, semakin besar percikannya.

Permukaan

Dari segi permukaan besi dan baja terdapat perbedaan yang mencolok. Besi mempunyai permukaan yang berkarat. Sedangkan baja memiliki permukaan yang mengkilat meskipun digunakan dalam jangka waktu lama. Dengan mempertimbangkan permukaan kedua material tersebut, Anda dapat memilihnya sesuai kebutuhan.

Bunyi Suara

Baja dan besi menghasilkan suara yang berbeda. Besi juga mempunyai ciri mampu meredam getaran suara karena mengandung logam. Setrika bila dipukul dengan palu tidak begitu keras. Sedangkan jika memukul baja dengan palu pasti akan menghasilkan suara dentuman yang sangat jelas. Dari ciri-ciri tersebut, Anda dapat dengan mudah membedakan besi dan baja.

Ketersediaan Di Pasar

Jika melihat ketersediaannya di pasaran, besi lebih mudah ditemukan dibandingkan baja. Karena besi merupakan bahan alami yang selalu ada di alam dan tidak mudah habis. Sedangkan baja merupakan bahan buatan yang pembuatannya memerlukan waktu yang cukup lama karena prosesnya yang lama. Itulah perbedaan besi dan baja yang bisa Anda perhatikan baik-baik agar tidak salah pilih.

Demikian ulasan artikel yang kami buat tentang Anda Bingung Dengan Perbedaan Besi Dan Baja seperti yang dilansir alexistogel, Semoga bermanfaat.