Ukuran Penyimpanan yang Harus Dimiliki Oleh PC Gaming

Ukuran Penyimpanan yang Harus Dimiliki Oleh PC Gaming
PC Gaming | Foto : Ubidate

Ubidate.com - Video game modern pada saat ini telah berkembang dengan kecepatan luar biasa, terus meningkatkan resolusi dan fiturnya untuk menawarkan tekstur paling realistis dan gameplay yang halus. Fitur-fitur seperti ini memakan sebagian besar penyimpanan, menjadikan ruang disk penting dalam bermain game.

Ada banyak sekali gamer yang lebih memilih masa depan agar siap menghadapi kemajuan teknologi. Selain itu, ada juga yang mempertimbangkan anggaran dan ingin memulai dengan jumlah minimal. Akibatnya, Anda mungkin akan bertanya-tanya berapa ukuran penyimpanan terbaik untuk PC gaming.

Berapa Banyak Penyimpanan yang Harus Dimiliki PC Gaming?


Kebanyakan gamer yang ada pada saat ini percaya bahwa penyimpanan dengan ukuran 1TB cukup untuk memainkan hingga sepuluh game triple A. Namun, jika Anda ingin memainkan yang lebih banyak, maka pilihan terbaik adalah HDD 2TB. Anda juga dapat menambahkan SSD 500GB lainnya untuk menyimpan sistem operasi dan game yang sering Anda mainkan karena SSD tentu lebih cepat daripada hard drive. 

Penyimpanan bergantung pada jumlah game yang dimainkan dan kebiasaan bermain game Anda. Anda dapat bermain game di PC gaming Anda dengan hard drive 500GB. Namun, Anda akan dibatasi pada satu atau dua permainan dan segera kehabisan ruang. Jika Anda lebih suka memasang game dan tidak menghapusnya untuk membuka ruang bagi game baru ini, Anda memerlukan disk yang jauh lebih besar.

Apa Saja Hal yang Menentukan Ukuran Penyimpanan Pada PC?


Ruang penyimpanan diperlukan untuk menyimpan game. Anda perlu mempertimbangkan kebiasaan dan preferensi bermain game Anda. Berikut adalah hal terpenting yang harus Anda pertimbangkan saat ini:


1. Game Apa yang Anda Mainkan?


Jumlah penyimpanan yang diperlukan untuk keperluan komputasi tidak sama untuk semua orang karena bergantung pada apa yang Anda lakukan dengan PC Anda. Beberapa orang terus-menerus kehabisan penyimpanan dan harus mengupgradenya, sementara yang lain dapat puas dengan penyimpanan 500GB dengan mengelola apa yang mereka simpan di komputer mereka. Hal yang sama juga akan berlaku untuk PC gaming. Ini juga tergantung pada jenis gamer Anda dan game apa yang dimainkan di PC Anda. 

Anda mungkin akan memerlukan kapasitas penyimpanan yang berbeda. Namun, jika Anda seseorang gamer yang senang memainkan game berat seperti game AAA, maka Anda memerlukan penyimpanan lebih dari 1 TB. Game PC yang ada pada saat ini telah berkembang pesat dalam segala aspek, termasuk ukuran file. Game lama disimpan di kartrid Nintendo dan hanya berukuran 8KB hingga 6MB. Ukuran game bertambah seiring dengan game PlayStation dan mencapai puncaknya dengan game AAA modern. 

Gambar dan suara realistis dan beresolusi tinggi yang menjadi daya tarik utama game-game seperti ini. Komputer Anda harus menyimpan gambar, mod, dan detail ini agar game dapat mengingatnya setiap kali Anda memainkannya. Hasilnya, kita bermain game AAA blockbuster yang dapat menghabiskan hard drive Anda hingga 200 GB. Itu sebabnya hard drive 1TB bisa menjadi tempat yang bagus untuk memulai, tetapi itu mungkin tidak cukup bagi Anda jika Anda ingin mengunduh banyak game triple-A di PC Anda. 

Alasannya adalah karena game-game seperti ini menghabiskan banyak ruang, artinya Anda tidak bisa memainkan lebih dari sepuluh game sekaligus. Namun, jika Anda memiliki tiga atau empat game AAA, 1TB adalah pilihan terbaik. Jika tidak, Anda harus mendapatkan hard drive 2TB. Ditambah lagi, dengan kemajuan teknologi penyimpanan, ini hanya ada sedikit perbedaan harga antara hard drive 1TB dan 2TB. 

Oleh karena itu, hal yang paling terbaik adalah selalu menggunakan kapasitas yang lebih tinggi karena penyimpanan akan mudah habis. Anda tidak perlu membeli penyimpanan yang terlalu besar, terutama untuk bermain game, meskipun disk sebesar 4 TB mungkin terlalu berlebihan bagi sebagian gamer. Namun ada juga game indie yang tidak membutuhkan komputer bertenaga dengan penyimpanan tinggi. 

Mereka dapat memakan hingga empat hingga 10GB, menjadikannya pilihan yang tepat untuk PC dengan spesifikasi rendah. Namun, tidak semua game indie berukuran kecil. Misalnya Warframe yang merupakan game yang berkapasitas 30GB. Hard drive 500GB akan cukup untuk rata-rata 30 game indie.

Berapa Anggaran Anda?


Mungkin faktor paling menentukan dalam menentukan penyimpanan yang tepat untuk PC gaming Anda adalah anggaran Anda. Meskipun penyimpanan PC menjadi lebih terjangkau, anggaran masih menjadi batasan bagi banyak orang. Anda bisa mendapatkan hard drive 1TB dengan harga sekitar 300 ribu saja, hal yang satu ini bisa menjadi pilihan yang sempurna jika Anda tidak memiliki keterbatasan anggaran.

Namun, jika harga menjadi masalah, maka sebagian besar gamer dengan anggaran terbatas bisa tetap menggunakan 500GB, terutama jika mereka masih pemula. Meskipun demikian, harga penyimpanan per GB akan turun untuk kapasitas pentimpanan yang lebih tinggi, menjadikannya investasi yang berharga.

Demikian ulasan tentang Ukuran Penyimpanan yang Harus Dimiliki Oleh PC Gaming seperti yang dilansir situs slot, semoga bermanfaat.