Cara Mengundurkan Diri Dari Pekerjaan Secara Profesional

Cara Mengundurkan Diri Dari Pekerjaan Secara Profesional
Mengundurkan Diri Dari Pekerjaan | Foto : Ubidate

Ubidate.com - Keputusan untuk mengundurkan diri dari pekerjaan Anda mungkin bisa berarti Anda telah menemukan peluang lain yang cukup besar untuk memajukan karier yang Anda miliki pada saat ini. Jika Anda telah menemukan pekerjaan atau organisasi yang lebih sesuai dengan pertumbuhan Anda sebagai karyawan. 

Maka Anda sebaiknya mengundurkan diri dari posisi Anda saat ini dengan cara yang sopan, positif, dan diplomatis. Berikut adalah beberapa tip tentang cara mengundurkan diri dari pekerjaan Anda dan terus menjaga hubungan yang positif dan sehat dengan atasan Anda saat ini dan untuk sesama rekan kerja ini.

Buatlah Keputusan Anda untuk Alasan yang Benar


Ketika Anda memutuskan untuk meninggalkan pekerjaan, itu seharusnya karena ada peluang yang lebih baik bagi Anda. Selain itu, Anda ingin dapat memberikan penjelasan yang tepat atas kepergian Anda untuk menjaga reputasi profesional Anda. Alasan paling bagus untuk berganti pekerjaan ini sendiri mencakup gaji yang lebih tinggi, lebih banyak ruang untuk berkembang, atau bahkan lokasi. Mungkin Anda menemukan pekerjaan lebih dekat dengan rumah yang jauh lebih sesuai dengan gaya hidup Anda. 

Apapun alasannya, maka pastikan terlebih dahulu untuk memikirkannya dengan matang dan menyusun langkah selanjutnya sebelum Anda membuat keputusan untuk menyerahkan pengunduran diri Anda. Jika Anda memiliki motif lain untuk meninggalkan pekerjaan, Anda tidak perlu mengungkapkannya kepada atasan. Hal terbaik yang harus dilakukan adalah memberikan pandangan positif pada keputusan Anda untuk keluar dengan menjelaskan betapa pentingnya hal itu bagi kesuksesan Anda di masa depan.

Berikan Pemberitahuan Terlebih Dahulu


Meskipun hal ini tidak diwajibkan, merupakan etika kerja yang baik untuk memberikan pemberitahuan setidaknya dua minggu sebelumnya kepada atasan Anda. Namun, Anda juga harus memastikan untuk memverifikasi kontrak Anda terlebih dahulu, karena beberapa di antaranya mungkin menetapkan jangka waktu tertentu di luar standar dua minggu, yang harus Anda hormati. Tentu saja, semakin lama seorang pemberi kerja ini harus mencari pengganti yang sesuai untuk posisi yang Anda tinggalkan, semakin baik.

Jika Anda dapat memberikan pemberitahuan kepada atasan selama tiga atau empat minggu, mereka akan sangat menghargainya. Hal ini juga akan membuka pintu bagi atasan Anda untuk menjadi referensi yang baik bagi Anda di masa depan. Membiarkan hal-hal positif juga sangat penting untuk membangun referensi Anda, dan kemungkinan besar juga adalah hal paling terakhir yang mereka ingat tentang Anda.

Mengundurkan Diri Secara Langsung


Hal yang profesional dan sopan untuk dilakukan untuk Anda adalah mengundurkan diri secara langsung, bukan melalui email atau telepon bila memungkinkan untuk dilakukan. Jika ingin menjaga hubungan positif dengan perusahaan tempat Anda bekerja saat ini, pastikan untuk menjadwalkan pertemuan terlebih dahulu sehingga Anda juga dapat duduk dan membicarakan keputusan Anda secara langsung.

Ini akan sangat dihargai, dan mereka akan mengingat sifat hormat yang Anda telah Anda berikan ketika Anda telah bertemu lagi di masa depan. Jika supervisor Anda berada di luar kota atau Anda tidak berdomisili di kota yang sama, wajar jika Anda tidak dapat bertemu langsung. Dalam hal ini, maka yang terbaik adalah mengadakan konferensi video sehingga Anda tetap dapat melakukan diskusi tatap muka.

Memberikan Surat Pengunduran Diri Secara Tertulis


Selama pengunduran diri Anda secara langsung, maka segera berikan surat pengunduran diri resmi ini kepada majikan Anda . Dengan cara ini, Anda dan perusahaan Anda akan memiliki catatan tanggal Anda mengajukan pengunduran diri. Ini akan bermanfaat jika Anda memasukkan unsur-unsur ini dalam surat:

  • Pernyataan bahwa Anda mengundurkan diri

  • Tanggal dimana pengunduran diri Anda akan berlaku efektif

  • Alasan mengapa Anda pergi

  • Pernyataan terima kasih atas waktu yang dihabiskan bersama perusahaan

Tanda tangan


Jika perusahaan memiliki departemen Sumber Daya Manusia, Anda ini dapat mengirimkan salinan surat pengunduran diri ini kepada mereka agar mereka dapat menambahkannya ke dalam catatan mereka ini.

Tawarkan untuk Melatih Pengganti Anda


Tantangan terbesar yang perlu Anda ketahui tentang kehilangan seorang karyawan adalah menemukan dan melatih karyawan baru. Tunjukkan kepada manajer Anda bahwa Anda benar-benar mengabdi untuk menjaga kelancaran alur kerja perusahaan meskipun Anda akan move on. Tawarkan bantuan juga untuk mempekerjakan dan melatih pengganti Anda sehingga pekerjaan dapat dilanjutkan seperti biasa. Atasan Anda ini tentunya akan sangat menghargai tidak perlu khawatir tentang terhentinya produksi tim Anda. 

Karena mereka yakin bahwa Anda akan meneruskan pengetahuan Anda serta beberapa tip prosedural kepada penerus Anda. Dan lagi, ini akan diingat ketika Anda meminta referensi resmi di kemudian hari. Buatlah daftar semua tugas terpenting dan bawalah itu ke rapat pengunduran diri Anda. Ini adalah saat tepat untuk membahas bagaimana Anda akan memastikan pengganti Anda mutakhir dan menunjukkan bahwa Anda ini menghargai perusahaan ini dan juga semua yang telah diberikan kepada Anda sejauh ini.

Demikian ulasan tentang Cara Mengundurkan Diri Dari Pekerjaan Secara Profesional seperti yang dilansir alexistogel, semoga bermanfaat.