Dasar-Dasar Jaringan Komputer yang Harus Anda Ketahui

Dasar-Dasar Jaringan Komputer yang Harus Anda Ketahui
Jaringan komputer | Foto : Ubidate

Ubidate.com - Jaringan Komputer adalah praktik menghubungkan komputer bersama-sama untuk memungkinkan komunikasi dan pertukaran data di antara mereka. Jaringan Komputer merupakan kumpulan dua komputer atau lebih. Ini membantu pengguna untuk berkomunikasi dengan mudah. Kali ini, kita ini membahas dasar-dasar yang harus diketahui setiap orang sebelum mendalami Jaringan Komputer. 

Bagaimana Cara Kerja Jaringan Komputer?


Blok bangunan dasar pada jaringan Komputer adalah Node dan Tautan ini. Node Jaringan ini sendiri juga dapat diilustrasikan sebagai Peralatan Komunikasi Data seperti Modem, Router, dll, atau juga Peralatan Terminal Data seperti menghubungkan dua komputer atau lebih. Tautan dalam Jaringan Komputer ini juga dapat didefinisikan sebagai kabel atau kabel atau ruang kosong jaringan nirkabel.

Cara kerja dari Jaringan Komputer ini akan secara sederhana dapat didefinisikan sebagai aturan atau juga bahkan protokol yang akan membantu Anda dalam mengirim dan mulai menerima data melalui adanya tautan yang juga memungkinkan jaringan Komputer untuk berkomunikasi satu sama lainnya. Selain itu, setiap perangkat memiliki Alamat IP, yang membantu dalam mengidentifikasi perangkat.

Terminologi Dasar Jaringan Komputer


  • Jaringan: Jaringan adalah kumpulan komputer dan perangkat yang terhubung bersama untuk memungkinkan komunikasi dan pertukaran data.

  • Node: Node ini sendiri adalah sebuah perangkat yang terhubung ke jaringan. Ini dapat mencakup komputer, Server, Printer, Router, Switch, dan perangkat lainnya.

  • Protokol: Protokol adalah seperangkat aturan dan standar yang mengatur bagaimana data ditransmisikan melalui jaringan. Contoh protokol termasuk TCP/IP, HTTP, dan FTP.

  • Topologi: Topologi jaringan mengacu pada susunan fisik dan logis dari node pada jaringan. Topologi jaringan yang umum meliputi bus, star, ring, mesh, dan tree.

  • Jaringan Penyedia Layanan: Jenis Jaringan ini memberikan izin untuk mengambil Kapasitas dan Fungsi Jaringan yang disewa dari Penyedia. Jaringan Penyedia Layanan mencakup Komunikasi Nirkabel, Operator Data, dll.

  • Alamat IP : Alamat IP adalah pengidentifikasi numerik unik yang ditetapkan untuk setiap perangkat di jaringan. Alamat IP digunakan untuk mengidentifikasi perangkat dan memungkinkan komunikasi di antara perangkat tersebut.

  • DNS: Sistem Nama Domain (DNS) adalah protokol yang digunakan untuk menerjemahkan nama domain yang dapat dibaca manusia (seperti www.google.com) menjadi alamat IP yang dapat dipahami komputer.

  • Firewall: Firewall adalah perangkat keamanan yang digunakan untuk memantau dan mengontrol lalu lintas jaringan masuk dan keluar. Firewall digunakan untuk melindungi jaringan dari akses tidak sah dan ancaman keamanan lainnya.

Jenis Jaringan Komputer Perusahaan


  • LAN: Jaringan Area Lokal (LAN) adalah jaringan yang mencakup area kecil, seperti kantor atau rumah. LAN biasanya digunakan untuk menghubungkan komputer dan perangkat lain di dalam gedung atau kampus.

  • WAN: Wide Area Network (WAN) adalah jaringan yang mencakup wilayah geografis yang luas, seperti kota, negara, atau bahkan seluruh dunia. WAN digunakan untuk menghubungkan LAN bersama-sama dan biasanya digunakan untuk komunikasi jarak jauh.

  • Jaringan Cloud: Jaringan Cloud dapat divisualisasikan dengan Wide Area Network (WAN) karena dapat dihosting di penyedia layanan cloud publik atau swasta dan jaringan cloud tersedia jika ada permintaan. Jaringan Cloud terdiri dari Router Virtual, Firewall, dll.

Ini hanyalah beberapa konsep dasar jaringan komputer. Jaringan adalah bidang luas dan kompleks, dan masih banyak lagi konsep dan teknologi yang terlibat dalam membangun dan juga memelihara jaringan. Sekarang ini, kita akan segera membahas beberapa konsep lagi tentang Jaringan Komputer.

  • Sistem terbuka: Sistem yang terhubung ke jaringan dan siap untuk komunikasi. 

  • Sistem tertutup: Sistem yang tidak terhubung ke jaringan dan tidak dapat berkomunikasi.

Jenis Arsitektur Jaringan Komputer


Jaringan Komputer termasuk dalam Kategori luas berikut:

  • Arsitektur Client-Server: Arsitektur Client-Server adalah jenis Arsitektur Jaringan Komputer di mana Node dapat menjadi Server atau Klien. Di sini, node server dapat mengelola Perilaku Node Klien.

  • Arsitektur Peer-to-Peer: Dalam Arsitektur P2P (Peer-to-Peer) , tidak ada konsep Server Pusat. Setiap perangkat gratis untuk berfungsi sebagai klien atau server.

Perangkat Jaringan


Interkoneksi beberapa perangka atau disebut juga host ini adalah hal yang terhubung menggunakan banyak jalur untuk tujuan mengirim/menerima data ataupun media. Jaringan komputer juga dapat mencakup beberapa perangkat/media yang membantu komunikasi antara dua perangkat berbeda, ini dikenal sebagai perangkat Jaringan dan mencakup hal-hal seperti router, switch, hub, dan bridge. 

Topologi Jaringan


Topologi Jaringan adalah susunan tata letak berbagai perangkat dalam suatu jaringan.

Model OSI 


OSI ini sendiri adalah sebuah singkatan dari adanya Open System Interconnection . Selain itu, ini juga adalah salah satu model referensi yang akan sangat menentukan standar protokol komunikasi dan juga fungsionalitas setiap lapisannya. OSI ini juga telah dikembangkan oleh Organisasi Internasional Untuk Standardisasi dan merupakan arsitektur 7 lapisan. Setiap lapisan OSI memiliki fungsi berbeda dan setiap lapisan harus mengikuti protokol yang berbeda. 7 lapisan tersebut adalah sebagai berikut: 

  • Lapisan Fisik

  • Lapisan Tautan Data

  • Lapisan Jaringan

  • Lapisan Transportasi

  • Lapisan Sesi

  • Lapisan Presentasi

  • Lapisan Aplikasi

Demikian ulasan tentang Dasar-Dasar Jaringan Komputer yang Harus Anda Ketahui seperti yang dilansir slot Zeus terpercaya, semoga bermanfaat.