Rekomendasi Makanan Khas Sulawesi Barat Yang Memiliki Cita Rasa Lezat

Rekomendasi Makanan Khas Sulawesi Barat Yang Memiliki Cita Rasa Lezat
Tumpi-Tumpi | Foto : Ubidate

Ubidate.com - Bentuk, bahan utama, dan rasa inilah yang membedakan makanan khas Sulawesi Barat dengan jenis makanan yang terdapat di daerah lain. Sulawesi Barat tidak hanya terkenal dengan keindahan alam berupa pegunungan dan pantainya saja, tapi juga kulinernya. 

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung atau berlibur ke salah satu provinsi di Indonesia tanpa mencoba semua jenis masakan yang tersedia. Tidak banyak jenis masakan berupa lauk pauk yang biasa dijadikan pendamping nasi atau lontong. Provinsi yang beribukota Mamuju ini lebih banyak menyediakan jenis jajanan atau jajanan. 

Jadi, bahan yang digunakan lebih banyak dari tepung dan gula dengan rasa yang manis. Namun bukan berarti tidak ada jenis kuliner dengan rasa nikmat yang biasa dijadikan makanan pokok, Bau Peapi salah satunya. Ada jenis sayur mayur, sambal, roti dan lain-lain, inilah berbagai kuliner yang bisa anda temukan. Untuk lebih jelasnya berikut daftar Makanan Khas Sulawesi Barat beserta penjelasannya!

Rekomendasi Makanan Khas Sulawesi Barat


Tumpi Tumpi


Entah dari mana makanan ini berasal, karena makanan ini juga sering ditemukan di Makasar dan juga di Sulawesi Barat. Letaknya yang tak berjauhan mungkin membuat jajanan lezat ini mudah tersebar. Tumpi Tumpi terbuat dari ikan teri yang dicampur dengan kelapa parut dan bumbu pilihan. Proses pembuatannya sangat mudah yaitu dengan cara digoreng.

Toppa Ikan Tuna


Perlukah bertanya tentang bahan dasarnya? Tentu saja tuna. Untuk membuat masakan ini tidak sulit, ikan tuna sudah dibersihkan lalu dimasak dengan berbagai bumbu pilihan. Bumbu yang dimaksud adalah bawang merah, bawang putih, kemiri, cabai dan lain-lain. Ciri khas Ikan Toppa Ikan Tuna adalah berwarna kuning dengan rasa yang gurih dan lezat. Warna tersebut dihasilkan dari campuran rempah-rempah yang digunakan, bukan pewarna buatan.

Loka Sattai


Ada juga jenis jajanan yang bisa mengenyangkan perut, namanya Loka Sattai. Terdiri dari dua kata, Loka artinya pisang, sedangkan Sattai artinya santan. Yang jelas makanan ini terbuat dari bahan utama santan dan buah pisang, tepatnya jenis pisang kepok. Cara membuatnya sangat mudah, cukup masak pisang kepok muda dengan air kelapa tua yang disebut dengan santan.

Sambusa


Secara tampilan mirip dengan Tompi dengan bentuk segitiga, serta kulit luarnya terbuat dari adonan tepung. Hanya saja kali ini kami tidak menggunakan ikan teri, melainkan ikan tongkol atau cakalang. Cara penyajiannya juga berbeda, Sambusa disajikan dengan kuah cuka sehingga terasa gurih dan asam.

Golla Kambu


Masih berbicara soal jajanan, mungkin Anda belum pernah atau jarang mendengar yang namanya Golla Kambu. Makanan ini terbuat dari bahan dasar kelapa parut, ketan, dan kacang tanah. Setelah semua bahan tercampur, lalu dibungkus dengan daun pisang dan dimasak dengan cara dipanggang. Penambahan gula jawa membuat jajanan ini terasa manis, tentunya juga gurih karena di dalamnya terdapat parutan kelapa.

Sokkol Ubi 


Jajanan lain yang mudah ditemukan di Sulawesi Barat adalah Sokkol Ubi. Bahan yang dibutuhkan tidak banyak, hanya kacang hijau, parutan kepala dan tentunya singkong atau ubi. Cara memasaknya dengan cara dikukus, namun sebelumnya dibungkus dengan daun pisang. Bisa dibayangkan sendiri bagaimana rasanya, pasti manis dan sedikit gurih.

Roti Pawa


Bagi pecinta manisan, patut bersuka cita saat berkunjung ke Sulawesi Barat. Selain yang disebutkan di atas, ada Roti Pawa yang juga memiliki rasa manis. Bentuknya mirip sekali dengan bakpao, yakni berbentuk bulat pipih dengan isian di dalamnya. Isian inilah yang juga membedakan keduanya. Roti Pawa hanya menggunakan isian yang terbuat dari parutan kelapa dan campuran gula pasir, padahal saat ini bakpao bisa ditemukan dengan isian yang beragam.

Jepa


Banyak makanan khas Sulawesi Barat yang menggunakan singkong sebagai bahan dasarnya. Bukan tanpa alasan, singkong menjadi komoditas andalan di provinsi ke-33 di Indonesia. Jepa menggunakan bahan utama singkong dan kelapa parut.

Memang banyak sekali jenis jajanan dengan kedua bahan tersebut, namun kali ini proses memasaknya dengan cara dibakar. Secara keseluruhan rasanya gurih dan manis, penambahan gula jawa menjadikan makanan ini bercita rasa dominan manis. Selain disantap dengan gula jawa, warga sekitar juga menyantap jepa dengan bau peapi sebagai pengganti nasi.

Bolu Paranggi


Jika Anda belum familiar dengan nama Bolu Paranggi, mungkin Anda sudah familiar dengan Beppa Paranggi yang merupakan nama lain dari jajanan ini. Bahan-bahan untuk membuat kue jenis ini antara lain gula jawa, tepung beras, singkong dan juga tape. Bentuknya lucu dengan atasan agak mekar. Cara membuat jajanan ini cukup mudah, campurkan semua bahan ke dalam adonan, lalu masukkan ke dalam cetakan dan kukus.

Lapis Mandar


Dari namanya terlihat makanan khas Sulawesi Barat ini berasal dari Mandar. Termasuk jenis kue yang dibuat dengan bahan utama santan, tepung terigu, telur, gula pasir dan pandan dalam bentuk pasta. Warnanya adem banget, hijau karena ada pandannya. Lapis Mandar memiliki rasa yang manis dengan tekstur yang lembut, cocok disantap saat bersantai sambil ditemani teh hangat.

Kue Tetu


Kue tetu artinya kue perahu. Namun, bukan bahan dasar perahu yang digunakan, melainkan bentuknya. Bahan utama yang digunakan adalah tepung terigu yang dicampur dengan gula jawa dan gula pasir. Adonan yang sudah jadi kemudian dimasukkan ke dalam cetakan berbentuk perahu. Uniknya, cetakannya terbuat dari daun pandan sehingga aromanya khas dan menggugah selera.

Demikian ulasan tentang Rekomendasi Makanan Khas Sulawesi Barat Yang Memiliki Cita Rasa Lezat seoer yang dilansir agen toto macau. Semoga bermanfaat.