Makanan Tradisional Khas Sulawesi Selatan Yang Wajib Dicoba Sekarang Juga

Makanan Tradisional Khas Sulawesi Selatan Yang Wajib Dicoba Sekarang Juga
Songkolo Bagadang | Foto : Ubidate

Ubidate.com - Makanan tradisional asal Sulawesi Selatan ini mempunyai ciri khas dan cita rasa yang sangat menarik. Tak heran jika banyak wisatawan yang tak mau melewatkan kesempatan menjelajahi kuliner khas Sulawesi Selatan.

Dengan varian rasa yang beragam, mulai dari pedas, manis, hingga kaya akan rempah, bisa Anda temukan di sana. Penasaran apa saja Makanan Tradisional Khas Sulawesi Selatan yang wajib dicoba? Yuk, simak pembahasannya berikut ini.

Daftar Makanan Tradisional Sulawesi Selatan


Pisang Epe


Pisang epe merupakan makanan khas yang bisa anda temukan di Makassar, tepatnya di kawasan Pantai Losari. Epe adalah bahasa lokal makassar yang artinya pipih, jadi pisang epe ini menggunakan pisang raja yang dibakar terlebih dahulu kemudian diperas menggunakan alat press.

Biasanya pisang ini menggunakan gula merah cair sebagai toppingnya, namun ada juga pilihan topping lainnya seperti coklat, susu atau keju. Harganya masih cukup terjangkau, mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 15.000 saja.

Coto Makassar


Makanan khas Sulawesi Selatan yang paling populer di kalangan wisatawan adalah coto Makassar. Makanan ini terbuat dari campuran daging sapi dengan kuah kaya rempah dan biasanya dinikmati dengan nasi hangat atau ketupat.

Makanan ini bisa Anda temukan di Makassar dan Maros yang masing-masing memiliki cita rasa unik dari perpaduan bumbu pada kuahnya. Harga satu porsi coto Makassar mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 25.000.

Kapurung


Kapurung merupakan makanan khas Sulawesi Selatan yang dapat ditemukan di daerah Luwu Raya. Makanan ini berbahan dasar sagu yang dibentuk bulat-bulat dan disajikan dengan kuah ikan yang berisi campuran sayuran seperti bayam, bunga pisang, jagung, dan kacang tanah.

Rasanya yang khas dengan tambahan asam jawa membuat rasanya semakin nikmat. Jika Anda tertarik untuk membelinya, banyak restoran yang menyediakan menu ini dengan harga terjangkau, mulai dari Rp 12.000 hingga Rp 25.000.

Sup Konro


Sop konro berbeda dengan coto Makassar, meski sama-sama berbahan dasar daging sapi. Bedanya, sop konro menggunakan iga sapi yang membuatnya sangat khas. Kuahnya yang berwarna coklat kehitaman mempunyai cita rasa yang khas dari campuran bumbu salah satunya kluwek.

Selain kuah konro, tersedia juga varian konro bakar dengan bumbu kacang dan kuah kuah tersendiri. Harga satu porsi sop konro bisa bervariasi, rata-rata sekitar Rp 40.000.

Nasu Palekko


Nasu palekko merupakan makanan yang terbuat dari daging bebek cincang dengan rasa yang pedas. Rasanya yang sangat kaya akan rempah-rempah seperti kunyit, jahe, serai, dan lengkuas membuat aromanya sangat menggugah selera.

Buat kamu yang suka pedas, wajib coba Nasu Palekko. Anda bisa membelinya di restoran dengan harga untuk satu ekor yaitu sekitar Rp 100.000, namun Anda bisa membeli dalam porsi kecil dengan harga mulai dari Rp 15.000 saja.

Ikan Bakar Parape


Jika Anda ingin menikmati seafood, Anda bisa mencoba makanan khas ini. Ikan bakar parape ini menggunakan beberapa jenis ikan seperti baronang atau cepa. Makanan ini memiliki rasa pedas, asam dan manis sekaligus. Bumbu ikan bakar yang digunakan sangat khas dan tentunya banyak rempah yang dimasak. Ikan parape bakar bisa Anda beli di restoran seafood dengan harga mulai dari Rp 40.000 per porsi.

Nasu Likku 


Nasu likku merupakan makanan yang sekilas mirip dengan rendang ayam. Bedanya, tekstur nasu likku lebih kering. Makanan ini menggunakan daging ayam yang sudah dimasak dengan lengkuas sehingga rasanya lebih gurih dan empuk.

Lalu dilumuri bumbu kaya rempah serta campuran kelapa parut dan lengkuas. Rasa nasu likku ini sangat gurih karena ditambahkan santan dalam masakan. Harga satu porsi sajian ini masih cukup terjangkau, mulai dari Rp 20.000 saja.

Songkolo Bagadang


Masakan khas Sulawesi Selatan ini sangat unik yaitu songkolo bagadang. Makanan ini terbuat dari ketan hitam atau putih dengan taburan kelapa parut yang disangrai dicampur gula aren di atasnya. Makanan ini biasanya disajikan dengan ikan asin, telur, dan sambal kuning. Makanan khas ini bisa kamu temukan pada malam hari, harganya juga cukup murah, hanya berkisar Rp 10.000 saja.

Mie Titi


Siapa yang tidak suka mie? Sulawesi Selatan juga memiliki sajian khas berupa mie kering yang dikenal dengan nama mie titi. Makanan ini disajikan dengan sayuran kental mirip capcay di atas mie. Makanan khas ini bisa Anda nikmati yang tersedia dalam berbagai varian seperti daging ayam, daging sapi, dan seafood. Harga satu porsi mie Titi hanya berkisar Rp 30.000 saja.

Nah itulah rekomendasi makanan tradisional Sulawesi Selatan yang bisa kamu coba jika berkunjung ke sana. Selain menikmati berbagai kuliner yang ada di Sulawesi Selatan, Anda juga harus mengunjungi tempat wisata menarik yang sangat populer.

Demikian ulasan artikel tentang Makanan Tradisional Khas Sulawesi Selatan seperti yang dilansir Bandar slot. Semoga bermanfaat.