Makanan Khas Sulawesi Tenggara Yang Terkenal Dengan Kelezatannya

Makanan Khas Sulawesi Tenggara Yang Terkenal Dengan Kelezatannya
Sate Gogos Pokea | Foto : Ubidate

Ubidate.com - Tak hanya kaya akan pemandangan alam yang indah, Sultra juga punya makanan khas dari berbagai daerah. Jadi jika Anda sedang berlibur atau berkunjung ke Sulawesi Tenggara, jangan lupa untuk mencoba makanan khasnya. Karena makanan di provinsi ini memiliki cita rasa yang lezat dan tidak bisa Anda temukan di daerah lain.

Makanan khas ini disajikan dengan ciri khas memiliki aroma rempah yang tajam sehingga dapat menggugah selera, serta memiliki varian rasa yang beragam seperti asin, asam hingga pedas yang menjadi ciri khas makanan asal Sulawesi Tenggara ini.

Bagi Anda yang akan berlibur atau berkunjung ke Sultra, tidak hanya sekedar mengunjungi tempat wisata saja, tapi harus berburu kuliner juga. Karena kurang lengkap rasanya jika berlibur jauh, apalagi dari luar pulau atau bahkan dari luar negeri namun belum mencicipi kulinernya. Berikut daftar Makanan Khas Sulawesi Tenggara yang wajib Anda coba.

Rekomendasi Makanan Khas Sulawesi Tenggara


Karasi


Karasi merupakan makanan khas yang mempunyai rasa manis dari masyarakat setempat. Tak hanya itu, makanan asal daerah Kendari ini pada dasarnya berbahan dasar jagung dan gula merah cair dan sering disebut dengan lonsa tulang gola. Karena sebelumnya tidak ada gula atau tepung beras.

Namun untuk saat ini bahan dasarnya sudah diganti dengan gula pasir dan tepung beras karena mudah didapat. Menariknya lagi kue ini bentuknya persis seperti rambut dan memiliki rongga yang dibentuk menggunakan batok kelapa.

Luluta


Luluta mempunyai rasa yang sama dengan ikan dole yaitu gurih karena terbuat dari nasi yang dimasak menggunakan bambu. Kuliner ini sangat digemari wisatawan dari luar negeri karena daya tarik wisata Wakatobinya. Makanan khas ini berasal dari darah Wakatobi dan sering dikenal dengan nasi bambu. Biasanya selalu disajikan dengan air kelapa muda.

Resep membuat Luluta cukup sederhana. Bahan yang harus disiapkan adalah bambu, beras dan daun pisang. Setelah itu cuci beras hingga bersih lalu masukkan ke dalam bambu yang sudah dialasi daun pisang. Terakhir, bakar bambu tersebut di atas kompor atau api kayu dan tunggu hingga matang. Kuliner yang satu ini sangat cocok disajikan dengan ikan bakar yang ditaruh di atas cobek.

Kasuami


Kuliner unik ini berbahan dasar singkong. Singkong ini mempunyai cita rasa yang unik dan menggugah selera, seperti gurih, asin, dilengkapi dengan rasa manis karena berasal dari ubi. Makanan ini berasal dari daerah Wakatobi dan Buton yang juga sangat terkenal di masyarakat setempat.

Menariknya lagi penyajian kuliner ini dibuat mirip dengan tumpeng. Selain itu biasanya makanan ini ditemani dengan ikan parende bakar, ikan kuah dan masih banyak lagi ikan segar lainnya.

Sate Gogos Pokea


Kuliner khas Sultra berikutnya adalah sate gogos pokea. Makanan khas ini mempunyai cita rasa pedas dan gurih dari masyarakat setempat. Bahan baku masakan ini adalah kerang dan disertai dengan sambal, masyarakat setempat sering menyebutnya bumbu bacem manis.

Cara membuatnya sangat sederhana yaitu siapkan dulu daging kerang yang sudah dibersihkan lalu ditusuk menggunakan bambu seperti sate. Setelah itu panggang dan olesi sate tersebut dengan menggunakan bumbu khas Sulawesi Tenggara.

Kabuto


Kabuto memiliki rasa yang manis dan gurih karena bahan dasarnya adalah singkong dan ubi. Makanan khas yang satu ini tidak boleh Anda lewatkan karena rasanya yang lezat, meski namanya sedikit berbeda dari biasanya.

Cara membuatnya adalah dengan menyiapkan bahan dasar seperti singkong dan ubi. Lalu campurkan kedua bahan dasar tersebut hingga halus dan kering. Orang Jawa biasa memanggilnya getuk. Cara penyajiannya adalah dengan menambahkan parutan kelapa muda di atasnya.

Kapusu


Makanan khas berikutnya adalah Kapusu, makanan ini memiliki rasa yang manis dan terbuat dari kacang merah yang dipadukan dengan jagung. Kuliner khas berupa bubur ini memiliki tekstur yang lumer di lidah sehingga mampu membuat Anda yang mencicipinya merasa ketagihan.

Cara membuatnya juga sangat sederhana. Pertama siapkan bahan dasar kacang merah dan jagung. Kemudian campuran kedua bahan tersebut direbus bersama garam, gula dan bahan tambahan lainnya. Jika teksturnya berubah menjadi bubur karena direbus, ini tandanya makanan siap disajikan. Makanan ini sangat nikmat dinikmati saat masih hangat.

Jus Salak


Jus salak ini merupakan minuman khas Sulawesi Tenggara yang memiliki rasa asam dan manis. Minuman ini biasa disebut jus buto oleh masyarakat setempat, dan minuman ini sangat mudah ditemukan di daerah Sulawesi Tenggara.

Cara membuatnya pun cukup sederhana, seperti jus buah pada umumnya. Yang membedakan jus buah ini adalah buah yang digunakan tidak sering dibuat oleh orang-orang. Anda bisa menyajikannya menggunakan es batu atau tidak, tergantung selera masing-masing, tapi sama lezatnya.

Sinonggi


Makanan khas Sultra selanjutnya adalah Sinonggi. Makanan khas ini wajib anda coba jika berada di Sulawesi Tenggara dan aslinya makanan ini berasal dari suku Tolaki. Dalam pembuatan makanan ini perlu menyiapkan bahan dasar yaitu tepung sagu yang sudah diolah dengan kuah bumbu. Sehingga menghasilkan rasa sinonggi yang sangat nikmat. Pada saat tradisi mosonggi, makanan ini sering dijadikan menu utama.

Tradisi ini dilakukan secara serentak oleh suku Tolaki. Dahulu, makanan khas ini dijadikan makanan pokok warga sekitar. Namun, makanan pokok tersebut kini telah tergantikan oleh nasi, dan sinonggi menjadi sulit ditemukan dan langka.

Demikian ulasan tentang Makanan Khas Sulawesi Tenggara Yang Terkenal Dengan Kelezatannya seperti yang dilansir alexistogel. Semoga bermanfaat.