Apa Saja Menu Makanan Khas Sumatera Utara? Berikut Daftar Menunya

Apa Saja Menu Makanan Khas Sumatera Utara? Berikut Daftar Menunya
Ubi Tumbuk | Foto : Ubidate

Ubidate.com - Berbicara tentang suatu daerah tidak lepas dari makanan khasnya. Salah satu daerah yang mempunyai beragam makanan khas yang unik adalah Sumatera Utara.

Sumatera Utara tidak hanya memiliki pesona alam yang indah, namun provinsi ini juga memiliki berbagai hidangan makanan yang sangat enak. Nah, bagi Anda yang akan berkunjung ke Sumut, maka jangan lewatkan untuk mencicipi beberapa Makanan Khas Sumatera Utara berikut ini yang patut untuk dicoba.

Daftar Makanan Khas Sumatera Utara


Ikan Mas Naniura


Salah satu makanan khas khas Sumatera Utara yang wajib Anda coba yaitu ikan mas naniura. Ikan gurame naniura disebut juga sashimi ala Batak karena merupakan ikan gurame mentah segar yang disajikan dengan bumbu kuning. Meski masih mentah, Anda tidak perlu khawatir karena ikan mas ini tidak akan berbau amis. 

Karena tidak melalui proses pemasakan sama sekali, maka ikan gurame ini diolah dengan cara direndam dalam air jungga atau jeruk purut sehingga menghasilkan cita rasa yang kuat, harum, gurih dan pedas. Anda juga tidak perlu repot dengan duri ikan mas ini karena duri dan lendirnya sudah dibersihkan sebelum disajikan. 

Makanan khas Sumatera Utara ini paling enak dinikmati dengan nasi putih hangat. Bagi Anda yang tertarik mencicipi ikan gurame naniura bisa menemukannya di kawasan Danau Toba, Medan, atau Pematang Siantar.

Arsik


Hidangan ikan khas Sumatera Utara lainnya adalah arsik. Hampir sama dengan ikan naniura, arsik merupakan masakan ikan mas dengan bumbu kuning yang kuat serta memiliki rasa yang pedas dan asam. Disebut arsik karena cara memasaknya adalah ikan disiram berkali-kali selama proses pemasakan agar bumbu meresap dan matang merata.

Arsik biasanya dimasak secara tradisional dengan menggunakan tungku berbahan bakar kayu dengan api besar agar bumbu cepat mendidih. Selain menggunakan ikan mas, ternyata Arsik juga bisa dimasak dengan menu ikan mujair dan nila. Arsik biasanya dihidangkan sebagai makanan sehari-hari atau untuk acara-acara khusus.

Makanan khas Sumatera Utara ini biasanya dimasak pada saat ikan masih basah atau dimasak hingga kering agar tahan lebih lama. Arsik kering umumnya disajikan di atas daun pisang untuk acara adat.

Sayur Gurih Tauco


Jika ingin menyantap makanan dengan kuah, Sumut punya sayur tauco yang gurih. Sekilas sayur ini mirip dengan sayur lontong atau kari yang biasa dihidangkan saat lebaran, namun gurihnya sayur tauco mempunyai ciri khas tersendiri. Hidangan makanan ini dimasak dengan kuah santan yang sudah diberi topping tauco. Sayur ini ditemani udang, daging sapi, dan lontong sehingga cocok dijadikan isian makan siang.

Daun Ubi Tumbuk


Daun ubi tumbuk atau dikenal dengan sebutan silalat, parcak, dan gule bulu gadung merupakan makanan khas kari yang terbuat dari daun ubi jalar atau daun singkong yang ditumbuk dan disajikan dengan kuah khas. Makanan ini berasal dari Mandailing Natal. Aromanya yang enak dan paling enak disantap dengan nasi putih hangat. Daun ubi tumbuk mempunyai rasa gurih dan pedas yang akan membuat kita tergoda untuk mencicipinya.

Mie Gomak


Masakan mie memang cocok disajikan dengan berbagai varian, termasuk mie gomak khas Sumatera Utara. Jika Anda sedang berkunjung ke kawasan Toba Samosir, Anda wajib mencoba mie gomak atau yang biasa disebut spageti oleh masyarakat Batak. Mie ini dibuat dengan cara diaduk menggunakan tangan.

Rasa mie gomak yang pedas dan asam serta tekstur mie yang kenyal akan membuat siapa pun tergoda untuk menyantapnya. Mie gomak menggunakan bumbu andaliman khas Sumatera Utara dan dimasak di atas kompor untuk mempertahankan cita rasa khasnya.

Mie ini ada yang berkuah dan ada pula yang digoreng. Untuk mencicipi mie gomak, Anda bisa mengunjungi kawasan Siantar, Balige, atau Parapet yang mudah Anda temukan di pinggir jalan.

Saksang


Saksang merupakan makanan khas dalam upacara adat khas Batak dan dapat ditemukan di warung makan tradisional atau yang dikenal dengan lapo. Saksang ini makan khas Sumatera Utara yang dimasak dengan berkuah. Saksang memiliki rasa gurih dari santan dan pedas. Namun seiring berjalannya waktu, penggunaan daging babi atau anjing digantikan dengan daging sapi dan ayam.

Bubur Pedas


Jika bosan dengan bubur yang biasa-biasa saja, bagi anda yang berada di Sumatera Utara jangan lupa untuk mencoba bubur pedas yang sudah ada sejak zaman kerajaan Melayu ini. Bubur pedas biasanya dinikmati saat bulan puasa oleh masyarakat Sumatera Utara. Keunikan bubur ini adalah menggunakan daun-daunan yang tidak biasa seperti daun jeruk, daun mengkudu, daun kunyit, dan daun jambu biji.

Daunnya dihaluskan dan dicampurkan ke dalam bubur saat dimasak. Bubur pedas biasanya dimasak di kompor tradisional dan panci besar. Bubur pedas ini juga bisa menghangatkan tubuh lho!

Manuk Napinadar


Manuk napinadar merupakan olahan ayam bakar yang disajikan dengan bumbu khas dan sambalnya. Selain makanan yang telah disebutkan sebelumnya, makanan khas Sumatera Utara ini juga menjadi sajian pesta adat. Pengolahan manuk napinadar memakan waktu yang cukup lama karena harus dipanggang terlebih dahulu dan disiram kuah darah ayam. Biasanya makanan ini disajikan saat tahun baru dan dinikmati dengan nasi pollong.

Bika Ambon


Meski nama belakangnya Ambon, Bika Ambon merupakan salah satu makanan khas Sumatera Utara. Kue bika ambon ini memiliki rasa yang sangat manis. Aromanya juga khas dengan aroma pandan. Bagi Anda yang pernah berkunjung ke Sumatera Utara khususnya Medan, pasti kurang lengkap rasanya jika tidak membawa Bika Ambon sebagai oleh-oleh. Kini Bika Ambon memiliki beragam rasa mulai dari keju, durian, dan coklat.

Demikian ulasan tentang Apa Saja Menu Makanan Khas Sumatera Utara seperti yang dilansir alexistogel, Semoga bermanfaat.