Inilah Beberapa Manfaat Melunasi Tagihan Kartu Kredit Lebih Awal, Berikut Penjelasannya

Inilah Beberapa Manfaat Melunasi Tagihan Kartu Kredit Lebih Awal, Berikut Penjelasannya
Kartu Kredit | Foto : Ruqyah Cirebon 


Ubidate.com - Tahukah Anda bahwa membayar cicilan kartu kredit lebih awal bisa menjadi cara terbaik untuk mendapatkan banyak keuntungan? Tidak hanya itu, karena pembayaran tepat waktu dapat meningkatkan skor kredit Anda. 

Jika cicilan kartu kredit dibayarkan tidak sesuai tanggal jatuh tempo, maka risiko keterlambatan pembayaran akan semakin besar. Nah pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai beberapa Manfaat Melunasi Tagihan Kartu Kredit. 

Manfaat Melunasi Tagihan Kartu Kredit Lebih Awal


Peningkatan Skor Kredit


Melunasi kartu kredit lebih awal dapat mempengaruhi riwayat kredit dan nilai kredit Anda di SLIK OJK. Pasalnya, ketepatan waktu pembayaran tagihan juga masuk dalam penilaian debitur. Jika pembayaran tagihan dilakukan lebih awal, artinya sama saja dengan mengatakan bahwa Anda memiliki kemampuan membayar yang baik. Nilai kredit inilah yang nantinya akan mempengaruhi kemudahan pengajuan pinjaman berikutnya di lembaga keuangan mana pun.

Beban Bunga Lebih Ringan


Umumnya, sebagian besar bank penerbit menggunakan perhitungan saldo tagihan rata-rata. Jadi, dengan mengurangi saldo utang di awal siklus penagihan, maka total perhitungan tagihan kartu kredit juga akan berkurang. Semakin rendah nilainya maka semakin kecil pula biaya bunga yang dikenakan.

Ketika pembayaran tagihan dilakukan tepat pada saat jatuh tempo, maka selama siklus penagihan nilai saldo kredit pokok pinjaman akan tetap tinggi. Dengan begitu, biaya bunga yang dikenakan akan lebih banyak.

Adanya Dana Tabungan


Selain biaya bunga yang lebih rendah, Anda akan memiliki lebih banyak dana setiap bulannya. Sebab, Anda sudah tidak mempunyai atau mengurangi tagihan cicilan. Misalnya Anda memiliki tagihan cicilan Rp 500.000 yang masih berlangsung selama 12 bulan. Jika Anda memutuskan untuk melunasi cicilannya sekarang, Anda akan memiliki lebih dari Rp 500.000 setiap bulannya. Jadi, dana tersebut bisa dijadikan tabungan.

Sisa Limit Menjadi Lebih Besar


Setiap penggunaan kartu kredit akan mengurangi limit yang diberikan. Misalnya Anda memiliki limit kartu kredit sebesar Rp 5 juta. Kemudian, Anda menggunakan kartu kredit tersebut untuk melakukan transaksi sebesar Rp 1,5 juta yang dicicil selama 3 bulan. Karena kartu kredit sudah terpakai, berarti sisa limit Anda akan berkurang menjadi Rp 3,5 juta.

Namun, saat membayar kartu kredit, ternyata Anda memutuskan untuk melunasi tagihannya lebih awal. Dengan begitu, sisa limit Anda akan kembali menjadi Rp 5 juta. Memang melakukan pembayaran cicilan bulanan kartu kredit juga akan membuat sisa limit menjadi lebih besar.

Namun sisa limitnya tidak lebih besar dibandingkan pelunasan lebih awal. Bayangkan jika Anda membutuhkan kartu kredit dengan sisa limit yang besar. Tentu akan lebih menguntungkan jika Anda melunasi tagihan kartu kredit lebih awal bukan?


Waktu Terbaik Melunasi Tagihan Kartu Kredit


Apapun yang terjadi, jangan sampai terlambat membayar setelah tanggal jatuh tempo. Karena sudah dipastikan, akan ada denda yang cukup besar pada tagihan tersebut. Jadi, jika Anda mendapat dana tambahan, tidak ada salahnya melunasi tagihan Anda lebih awal.

Dana tambahan itu banyak jenisnya, seperti kenaikan gaji, bonus bulanan, gaji kerja sampingan, hasil investasi yang mulai membuahkan hasil, dan lain sebagainya. Ketika Anda mendapatkan penghasilan tambahan, mungkin timbul pertanyaan, “Haruskah membayar tagihan lebih awal?” Meski banyak pro dan kontra terkait membayar tagihan lebih awal, namun dibalik hal ini ternyata ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan lho.

Keuntungan Melunasi Tagihan Kartu Kredit Lebih Awal


Lebih Tenang


Keuntungan utama melunasi tagihan kartu kredit lebih awal adalah Anda bisa lebih tenang dan tidak perlu khawatir lagi. Karena tagihan bulan ini sudah lunas, Anda bisa lebih fokus memikirkan tagihan bulan depan.

Dapat Menghemat Pengeluaran Bulanan


Ketika Anda melunasi tagihan lebih awal, otomatis bunga yang dikenakan akan jauh lebih sedikit. Hal ini berpotensi menghemat lebih banyak biaya pembayaran bunga. Artinya, Anda punya lebih banyak dana untuk ditabung atau dibelanjakan untuk kebutuhan lain.

Menghindari Stres


Jika Anda dapat membelanjakan lebih sedikit uang untuk pembayaran bunga, mengapa harus membayar lebih? Membayar tagihan lebih awal juga bisa menyelamatkan Anda dari rasa cemas dan stres akibat terlilit utang. Terutama utang untuk cicilan kartu kredit. Sekali telat membayar, bunga harian yang dikenakan akan semakin besar, karena sistemnya bunga majemuk.

Alasan Mengapa Bayar Tagihan Kartu Kredit Lebih Awal Bisa Rugi


Beberapa orang mungkin berpikir bahwa membayar tagihan lebih awal dapat mengakibatkan kerugian. Apakah itu benar? Kenapa bisa rugi? Berikut beberapa alasannya.

Kas Terkuras


Alasan pertama adalah keuangan Anda lebih cepat terkuras. Sebab, uang yang ada digunakan untuk membayar tagihan utang, padahal jatuh temponya masih cukup lama. Belum lagi jika ada kebutuhan lain yang juga mendesak dan perlu dipenuhi secepatnya. Jadi, sebaiknya jangan membayar tagihan lebih awal, kecuali Anda masih punya tabungan lain.

Dikenakan Penalti


Kerugian lain yang mungkin diterima adalah penalti. Beberapa bank memiliki sejumlah kebijakan mengenai pelunasan lebih awal sebelum tanggal jatuh tempo, yakni membebankan biaya penalti kepada nasabah. Biayanya cukup bervariasi, tergantung kebijakan masing-masing bank.

Saat Anda memiliki uang berlebih, melunasi tagihan kartu kredit lebih awal bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain mengurangi beban pikiran, Anda juga akan menikmati banyak keuntungan finansial lainnya. Mulai dari beban bunga tagihan yang lebih kecil, hingga peningkatan nilai kredit.

Namun sebelum itu, pastikan keinginan Anda untuk melunasi tagihan lebih awal tidak mengganggu kondisi keuangan Anda saat ini. Sebaiknya buatlah skala prioritas pembayaran tagihan agar kondisi keuangan Anda tetap terjaga. Sebab, masih banyak kebutuhan lain yang juga perlu diperhatikan.

Demikian ulasan tentang Inilah Beberapa Manfaat Melunasi Tagihan Kartu Kredit Lebih Awal seperti yang dilansir alexistogel, Semoga bermanfaat.