Apa Saja Jenis Sistem Pembayaran Di Indonesia? Simak Penjelasan Lengkapnya

Apa Saja Jenis Sistem Pembayaran Di Indonesia? Simak Penjelasan Lengkapnya
Sistem Pembayaran | Foto : Ubidate

Ubidate.com - Indonesia telah mengalami kemajuan pesat di bidang teknologi dan digitalisasi, termasuk dalam hal sistem pembayarannya. Saat ini terdapat banyak sistem pembayaran yang populer dan umum digunakan di Indonesia. 

Mulai dari pembayaran tunai maupun non tunai yang kini banyak digunakan oleh masyarakat. Salah satu alasannya adalah karena teknologi sistem pembayaran nontunai kini berkembang pesat. Sehingga memudahkan penerimaan dan penyetoran dana secara real time.

Bagi para pebisnis, mengetahui sistem pembayaran apa saja yang sedang populer dan banyak digunakan di Indonesia adalah hal yang penting. Dengan begitu, transaksi akan menjadi lebih mudah. Penasaran Sistem Pembayaran apa saja yang saat ini digunakan dan cukup populer di Indonesia? Yuk simak ulasan lengkapnya.

Awal Mula Sistem Pembayaran Di Indonesia


Sebelum membahas mengenai jenis-jenis sistem pembayaran, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu mengenai sistem pembayaran itu sendiri. Ini adalah sistem yang terdiri dari banyak bagian yang berkaitan dengan transfer dana akibat transaksi ekonomi. Mulai dari kelembagaan, mekanisme, hingga peraturan yang ditegakkan.

Sistem ini lahir bersamaan dengan konsep uang yang digunakan sebagai alat tukar atau perantara transaksi keuangan, jasa, dan barang. Terdapat 3 tahap yaitu tahap otorisasi, tahap kliring, dan tahap penyelesaian akhir. Sejarah awal sistem pembayaran diawali dengan transaksi barter (tukar menukar barang). Untuk mempermudah transaksi maka masyarakat mulai beralih membayar menggunakan emas.

Kemudian, masyarakat kembali beralih menggunakan uang kulit sebagai media transaksi. Di zaman modern seperti ini, perkembangan sistem pembayaran sudah jauh lebih pesat, akhirnya lahirlah metode nontunai dan tunai.

Pembayaran tunai dilakukan dengan menyediakan sejumlah uang sebagai media pembayaran fisik. Didalam proses kedua belah pihak dinyatakan harus bertemu secara langsung. Sedangkan pembayaran nontunai adalah pembayaran melalui media digital (digital payment) tanpa melibatkan uang tunai fisik. 

Jenis-Jenis Sistem Pembayaran Di Indonesia 


Kartu Debit Dan Kartu Kredit


Kartu debit dan kartu kredit merupakan dua sistem pembayaran yang paling umum digunakan di Indonesia. Kartu debit biasanya akan terhubung langsung dengan rekening tabungan pengguna. Pengguna dapat menggunakannya sebagai media transaksi tarik tunai. Setelah digunakan, saldo tabungan yang terhubung ke kartu akan langsung dipotong sebesar nilai transaksi.

Sedangkan kartu kredit merupakan jenis kartu yang memungkinkan penggunanya melakukan transaksi terlebih dahulu dan membayar kemudian pada akhir bulan. Jadi, sistem yang digunakan kartu ini adalah dengan meminjam terlebih dahulu, pengguna akan diberikan batasan tertentu yang kemudian dapat dibelanjakan. Kartu debit maupun kartu kredit bisa Anda gunakan di berbagai tempat. Contohnya di pusat perbelanjaan, restoran, hotel, dan toko online.

Transfer Bank Dan Internet Banking


Selain kartu debit dan kredit, ternyata transfer bank juga menjadi salah satu metode pembayaran yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Pengguna dapat mentransfer uang dari rekeningnya ke rekening orang lain melalui internet banking atau ATM. Layanan perbankan internet memungkinkan pengguna untuk mengakses dan mengelola akun mereka secara online. 

E-Wallet


Beberapa tahun terakhir, banyak orang yang memilih E-Wallet (dompet digital) sebagai sistem pembayaran andalan mereka. Dalam beberapa hal, E-Wallet memberikan manfaat lebih dibandingkan metode pembayaran lainnya. Mulai dari kemudahan penggunaan, pendaftaran serba online, aksesibilitas, fleksibilitas, layanan lengkap, hingga banyak promo dan diskon.

Virtual Account (VA)


Virtual account merupakan sistem pembayaran yang memungkinkan pengguna melakukan pembayaran melalui nomor virtual account yang disediakan oleh penyedia layanan. Nomor virtual account ini terhubung dengan rekening bank pengguna.

Pengguna dapat melakukan pembayaran melalui transfer bank atau internet banking menggunakan nomor virtual account. Virtual account biasanya digunakan untuk pembayaran tagihan, pembelian tiket, dan pembayaran e-commerce.

Cash On Delivery (COD)


COD atau cash on delivery masih banyak digunakan masyarakat di Indonesia, khususnya untuk transaksi e-commerce. Dalam sistem ini, pembeli membayar pesanannya secara tunai saat pesanan diantar oleh kurir. COD memberikan rasa aman bagi pembeli karena dapat memastikan barang yang dipesan benar-benar sampai pada alamat yang benar.

Mobile Banking


Mobile banking adalah layanan yang memungkinkan pengguna mengakses dan mengelola rekening bank mereka melalui aplikasi seluler. Dengan mobile banking, maka para pengguna dapat melakukan berbagai transaksi pembayaran. Mulai dari transfer dana, pembayaran tagihan, pembelian produk dan layanan, hingga pelacakan transaksinya dengan mudah melalui ponsel.

Cryptocurrency


Meski masih dalam tahap pengembangan di Indonesia, penggunaan cryptocurrency mulai digunakan sebagai metode pembayaran alternatif. Beberapa toko online dan bisnis tertentu menerima pembayaran dalam bentuk mata uang kripto. 

QR Code Dengan QRIS


Belakangan ini metode pembayaran menggunakan Scan QR melalui QRIS mulai banyak digalakkan. Metode pembayaran nontunai dari Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) ini dapat memberikan cara mudah bagi para penggunanya dalam melakukan pembayaran online. Beberapa E-Wallet dan bank digital bahkan sudah menerapkan QR Code ini sebagai fitur pelengkap.

PayLater


PayLater juga sangat digemari masyarakat di Indonesia, konsepnya mirip hutang tanpa kartu kredit. Jadi, konsumen bisa membeli barang sekarang dan membayarnya nanti dengan opsi cicilan.

Bank Digital


Di tengah kemajuan dunia digital, bank digital pun bermunculan sebagai salah satu metode pembayaran yang banyak diminati masyarakat Indonesia. Bedanya dengan bank konvensional, proses pembukaan rekening di bank digital ini dilakukan sepenuhnya secara online. Fiturnya lengkap seperti bank konvensional pada umumnya, aksesnya mudah karena dilakukan secara online, dan juga banyak promo cashback dan bebas biaya.

Demikian ulasan tentang Apa Saja Jenis Sistem Pembayaran Di Indonesia seperti yang dilansir alexistogel, Semoga bermanfaat.